Tuesday, May 16, 2017

Solusi Pembelajaran di Rapor "tidak ditemukan" Dapodik 2017c


Solusi Pembelajaran di Rapor "tidak ditemukan" Dapodik 2017c - Pagi, kali ini saya akan membagikan mengenai pembelajaran rapor yang terkadang tidak muncul. Hal ini disebabkan karena beberapa masalah:
1. Belum melakukan download rapor prefill
2. Penggantian email dapodik
3. Tidak terkoneksi dengan internet

Dari beberapa masalah di atas, saya mengalami hal yang ke dua. Yaitu penggantian email, ternyata berpengaruh pada pengisian rapor di Aplikasi Dapodik 2017c. Seminggu yang lalu saya merasa bingung, menunggu jawaban namun tidak ada jawaban yang tepat.

Maka dari itu saya mencoba melakukan otodidak dengan cara yang ada pada panduan Dapodik 2017c, namun dengan beberapa eksperimen. Dan hasilnya pagi ini saya coba mengotak-atik Rapor Dapodik 2017c dan akhirnya setelah 2 jam berhasil juga.

Mungkin saya melewatkan panduannya karena hanya dengan cara asal-asalan, untuk saat ini saya akan menjelaskan "Bagaimana cara mengatasi "pembelajaran tidak ditemukan" pada Rapor Dapodik?

Karena permasalahan saya di tahun ajaran 2014-2015 pada semester ganjil dan genap. Mungkin teman-teman OPS lain mengalami kendala seperti saya bisa dipraktekkan sendiri dengan panduan gambar dibawah ini.

Setelah selesai install Patch Dapodik 2017c, maka saat anda melakukan login

Panduan sebelumnya ---> Cara Mudah Download Aplikasi Prefill Rapor pada Dapodik 2017c #2
Ini "Solusi Pembelajaran di Rapor "tidak ditemukan" Dapodik 2017c", berikut:
1. Pada login muncul semua tahun ajaran dan semester dari 2014-2017, pilih yang mengalami masalah, misal di saya adalah tahun ajaran 2014/2015,

2. Jika sudah masuk lanjut cari "Pengaturan", pada sebelah kanan akan muncul,

3. Klik Prefill Rapor (Gunakan Tombol di bawah ini untuk memasukan data prefill rapor dari semester terdahulu), Masukkan Data, setelah selesai klik Refresh atau F5

4. Jika sudah selesai tahap di atas, selanjutnya yang anda lakukan adalah masuk ke menu Nilai rapor,

5. Bagi anda yang belum memindahkan Wali Kelas lama yang mutasi/pindah termasuk juga guru Agama/Guru Olahraga, anda bisa memindahkan terlebih dahulu. Ini tidak akan mempengaruhi Dapodik anda, hanya mengembalikan siapa saja wali kelas/guru agama/guru OR yang sudah pindah/mutasi,

Caranya Baca ini ---> Cara Mengembalikan Wali Kelas yang Sudah Pensiun/Mutasi pada Dapodik 2017 c #3
6. Sekarang anda tinggal memasukkan "Pembelajaran" sesuai dengan tahun ajaran/semester. Karena saya login di tahun ajaran 2014/2015 maka saya akan melakukan pengisian pembelajaran pada semester ganjil dan genap di kelas 4 SD,

7. Anda bisa atur sendiri pada Mata Evaluasi Rapor ---> edit dibawah bisa memilih sendiri tahun ajaran dan kelas (jangan sampai salah memasukkan semester ganjil dan genap),

8. Geser ke kanan panah yang ada di samping kelas, lanjut klik tambah untuk pembelajaran,

9. Tambahkan mata evaluasi, pilih pada bagian bawah panah, sesuaikan dengan wali kelas (misal Guru Agama/OR dan urutkan sesuai dengan yang ada pada rapor, kalo saya urutannya sebagai berikut:
  • PAI
  • PKn
  • Bahasa Indonesia
  • Matematika
  • IPA
  • IPS
  • SBK
  • PJOR
  • B. Jawa
  • B. Inggris


10. Jika semua sudah diinput, lanjut ke semester selanjutnya, namun jika sudah selesai anda bisa langsung melakukan input nilai. Sekarang kita akan memunculkan data siswa yang akan kita inputkan nilainya.

Anda bisa memasukkan nilai tanpa harus login satu-persatu PTK (misalnya saja untuk wali kelas/Guru Kelas bisa memasukkan semua nilai tanpa harus ribet memasukkan per 1 guru mapelnya).

Baca Juga ---> Cara Membuat Login Wali Kelas untuk Rapor Dapodik 2017c

11. Klik dua kali pada mata pelajaran,

12. Tepat pada semester ganjil pada tahun ajaran 2014/2015 kelas 4 SD di sekolah saya menerapkan kurikulum 2013, nilainya harus dikonversikan menjadi nilai KTSP, caranya 

Download Aplikasi Konversi Rapor Kurikulum 2013 menjadi KTSP Disini dan Disini
13. Untuk memasukkan nilai anda tinggal geser ke kanan pada Nilai Rapor sesuai dengan mata pelajaran yang anda klik double (dua kali).


Silahkan anda memasukkan nilai baik secara manual maupun secara cepat dengan mengandalkan keterampilan anda. Saya sarankan secara manual saja, karena jika dengan cara cepat nanti kalau ada kendala susah untuk mengembalikannya lagi, namun bagi anda yang sudah mumpuni silahkan menggunakan cara cepat yaitu melakukan import nilai dengan excel.

Cara cepat juga akan saya kerjakan, namun karena nilai belum saya konversi dan belum lengkap maka saat ini baru "Solusi Pembelajaran di Rapor "tidak ditemukan" Dapodik 2017c" yang dapat saya bagikan, kurang lebihnya mohon maaf.

Jika ada pertanyaan dapat anda lakukan di bawah komentar atau bisa langsung ke laman facebook saya (Koko Jayuz). Kita cari solusinya bersama-sama, OK!!!

Terima kasih sudah berkunjung...

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

Blog Archive