Sunday, February 28, 2016

PNS Sertifikasi Ribut Masalah SKTP, Berikan Penjelasan Ini Kepada Beliau, Jika Masih Ngeyel... Kerjakan Sendiri Saja...


1. Batas sinkron tgl 29 Pebruari adalah untuk kepentingan ANEKA TUNJANGAN (Bantuan S1, Insentif GBPNS / pengganti Fungsional dan Tunjangan Khusus), perhatikan baik-baik, batas ini TIDAK TERMASUK UNTUK TUNJANGAN PROFESI
2. Validasi data untuk Tunjangan Profesi TETAP BERJALAN SELAMA SATU SEMESTER, artinya sampai bulan MEI atau awal JUNI jika data masih belum VALID karena kesalahan entry dapodik, MASIH BISA DIBENAHI.
3. Data-data yang tampil di INFO GTK merupakan hasil sinkron s.d. AWAL PEBRUARI, jadi yang sinkron baru-baru saja bisa dipastikan BELUM TAMPIL. Kemungkinan akan terbaca di INFO GTK SETELAH TGL 29 PEBRUARi yang merupakan batas Cut off pertama.
4. Berbeda dengan tahun kemarin dimana info GTK hanya menampung data DIKDAS (SD, SMP dan SLB), mulai tahun ini Info GTK juga menampun data PAUDNI khusus TK dan data DIKMEN (SMA, SMK) yang artinya data yang harus diolah bertambah sangat buaaaanyaakkk...
5. Saat ini TIM TUNJANGAN PUSAT belum selesai membuat sistem linierisasi mapel khususnya di jenjang SMK yang JUMLAHNYA RIBUAN. 

6. Untuk TUNJANGAN INSENTIF (Pengganti Fungsional) Sampai saat ini JUKNIS MASIH DIGODOK DI PUSAT, jadi jangan tanyakan dulu "kenapa saya tidak dapat", "kenapa teman saya dapat", "yang berhak yang bagiamana" dan pertanyan-pertanyaan lain
7. Untuk Bantuan S1 jelas data diambil dari dapodik untuk guru yang status pendidikannya MASIH KULIAH. Jadi percuma bapak/ibu mengusulkan dengan berbendel-bendel berkas kalau di dapodik riwayat pendidikan TIDAK SEDANG KULIAH 
8. Guru sertifikasi tahun 2006, 2007, 2008 banyak NRG-nya yang "ketlingsut" dari database NRG, sehingga memerlukan VERIFIKASI DAN VALIDASI oleh TIM PUSAT. Apabila di info GTK ada keterangan NRG MENUNGGU VERVAL ULANG, biarkan saja dulu, tidak usah tanya kesana kemari, beri kesempatan TIM VERVAL PUSAT BEKERJA DENGAN TENANG.
9. Guru Sertifikasi lulusan tahun 2015 sebenarnya semua sudah punya NRG, tetapi proses memasukkan data NRG ke database INFO GTK belum selesai, sehingga ada yang di info GTK sudah muncul NRG-nya, ada yang belum dengan keterangan "aneh-aneh"... JARKE AE . RA PO2.. nanti pada saatnya akan terisi sendiri dan "aneh-aneh"nya akan hilang sendiri. Sekali lagi beri kesempatan TIM VERVAL PUSAT BEKERJA DENGAN TENANG. 
10. Untuk penerbitan SKTP bagi guru sertifikasi TAHAP PERTAMA, yang mungkin akhir bulan maret, YANG AKAN DI SK-kan terlebih dahulu BARU GURU YANG DATANYA VALID DAN TIDAK BERMASALAH. Berarti SANGAT BESAR kemungkinan pencairan tunjangan profesi triwulan pertama, hanya sebagain guru yang menerima. Untuk itu mohon kesadaran dan pemahaman bapak/ibu bahwa TUNJANGAN PROFESI TIDAK AKAN HANGUS JIKA MEMANG SUDAH MENGAJAR SESUAI ATURAN. Karena yang triwulan pertama tidak cair, jika datanya valid dan SKTP Terbit di trwulan kedua, maka tunjangannya akan dibayarkan secara rapel pada pencairan triwulan kedua. Maka apabila ada bapak/ibu guru yang "NJAGAGKE" tunjangan ini --- misalnya untuk cicilan mobil --- dan kebetulan datanya termasuk yang BELUM VALID, silahkan mulai sekarang cari alternatif lain, TIDAK PERLU MARAH-MARAH SAMA OPS, karena belum tentu OPS YANG SALAH ENTRY DATA. Bisa jadi data bapak.ibu BELUM VALID karena MEMANG BELUM SELESAI PROSES VALIDASINYA OLEH TIM PUSAT.
11. Kasus data guru satu sekolah yang tidak muncuk di INFO GTK (DATA ANDA TIDAK DITEMUKAN), ada dua kemungkinan :
- sudah berhasil sinkron sebelum pebruari tetapi tercecer saat penarikan ke database info GTK 
- Sinkron dilakukan setelah proses penarikan ke database info GTK (baca lagi no 3)
Anda yang mengalami kasus ini, silahkan tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan setelah tanggal 29 Pebruari (Jajalen nek kuat)
12. Inti cerita, jika bapak/ibu adalah guru sertifikasi dan datanya belum valid (wakasek, guru b Indonesia K13, kaperpus, guru BK, guru TIK, guru-guru SMK dan SMA, lulusan 2015, mutasi dari kemenag, dsb-dsb) HARAP BERSABAR DAN TETAP MEMANTAU PERKEMBANGAN DATA DI INFO GTK. Apabila tanggak sinkron yang tertulis masih tanggal lama dan data belum berubah, berarti sinkron terbaru belum divalidasi. Jika tanggal sinkron di info GTK sudah sesuai tanggal sinkron terakhir ternyata data masih belum valid, CARI LAGI SUMBER TIDAK VALIDNYA, BENAHI dan SINKRON LAGI.
13. PASTIKAN SEMUA GURU TERBIASA MEMBUKA INFO GTK..... JANGAN NJAGAGKE OPS, beri kesempatan OPS Bekerja TANPA TEKANAN BATIN.

Anda Honorer/GTT, Setting Sumber di Dapodik Ini Bisa Mendapatkan Tunjangan

Anda Honorer/GTT, Setting Sumber di Dapodik Ini Bisa Mendapatkan Tunjangan - Jam mengajar telah usai karena saya mengampu kelas 2 SD di Sekolah Tambaharjo, meskipun begitu pekerjaan sebagai operator belum selesai dikerjakan.

PR saya sebagai Operator di SDN Tambaharjo:
1. Belum setor laporan BSM PIP Tahap 6-16
2. Belum Print Hasil Bio System Online 2016
3. Verval PTK belum saya upload fotonya
4. Membantu Edit Soal UTS 2/UKK
5. Yang lain sudah dipegang oleh Guru lain/karena KS tidak suka dengan kerja saya (Alhamdulillah jadi enteng pekerjaan seperti ADM UTS/UKK/US, Pajak Online, dan lain sebagainya) Nasib Anak ditirikan.

4 Macam kerjaan diatas belum termasuk urusan tunjangan bagi Honorer/GTT yang akan memperoleh Subsidi Bantuan S1 dan untuk yang PNS bersertifikat pada hari ini adalah cut data pertama untuk dilanjutkan pencetakan SKTP.

Berbicara mengenai tunjangan, tentunya kita sebagai honorer/GTT (saya sendiri masih honorer/GTT) yang sampai sekarang masih terlontang lanting tidak tau arah dan tujuan. Meskipun masa pengabdian saya baru menginjak 7 tahun sudah ada yang lebih tinggi yaitu hampir separo umur saya.

Tunjangan untuk Honorer/GTT sebetulnya banyak macamnya termasuk Subsidi S1, Tunjangan Kesra, Tunjangan Fungsional, dan Bansos yang didapatkan di Kabupaten masing-masing (saya tidak dapat, karena kuotanya sedikit).

Tunjangan Subsidi S1 ada dua jalur:
1. APBN (Negara) yang tentunya memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. Yang paling utama adalah kita harus memiliki NUPTK, jam mengajar minimal 24 jam/minggu, belum lagi syarat misal anda masih semester 1&3 kemungkinan masih belum mendapatkan jika kuotanya sedikit, namun jika anda sudah memasuki semester 4-9 yaitu akhir anda mendapatkan tunjangan yang ditentukan oleh syarat dan ketentuan yang dibuat untuk Tunjangan Subsidi S1 yang berlaku dan dibuktikan dengan Nilai semester selama 2 semester terakhir serta bukti pembayarannya. Jumlah Subsidi S1 untuk APBN masih tetap Rp. 3,500,000,00 juta. Kalo sekarang saya kurang tahu karena sudah lulus S1.

2. APBD (Daerah), untuk APBD syarat utama masih menggunakan NUPTK, jam mengajar tidak terlalu diperhitungkan hanya saja kuota untuk APBD sangatlah sedikit. Belum lagi banyak mahasiswa semester hampir akhir yang belum mendapatkan jatah kuota, karena subsidi S1 dibuat merata agar semuanya dapat menikmati. Tapi terkadang ada yang melalui jalur khusus (kalo ini saya tidak tahu) hanya mereka yang sering dapat yang tahu. Untuk perolehan nominal awalnya dulu pernah sekitar Rp. 2,000,000,00 namun sekarang berubah menjadi sama dengan APBN yaitu Rp. 3,500,000,00.

Tunjangan Fungsional dan Tunjangan Kesra hampir sama, hanya saja untuk Fungsional dikenakan bagi Honorer/GTT yang diangkat sejak tahun 2005, namun saat ini berubah karena sistem menggunakan Dapodik. Jadi yang awalnya mendapatkan tunjangan menjadi tidak mendapatkan tunjangan. Oleh karena itu ini saya mendapatkan himbauan dari UPTD Adimulyo yang mengatakan bahwa:

SEBELUM ANDA MEMBACA PADA ARTIKEL DIBAWAH INI DAN
SEBELUM ANDA MERUBAH ADA BAIKNYA TANYAKAN DULU KE PENGURUS DAPODIK DI KECAMATAN/KABUPATEN ANDA MASING-MASING
MUNGKIN KEBIJAKAN MASING-MASING DAERAH BERBEDA-BEDA
NANTI JIKA SUDAH PASTI SILAHKAN LAKUKAN NAMUN JIKA TIDAK JANGAN MENGGANTI/MELAKUKANNYA...
TERIMA KASIH ATAS KOMENTARNYA

DAN TERIMA KASIH ATAS KEPERCAYAANNYA SUDAH MEMBAGIKAN ARTIKEL INI

Penting.... 
Bahwa untuk GTT di dapodik untuk status harap di ganti dari Honor Sekolah menjadi GTT Kabupaten dan Sumber gajinya, apabila tdk di ganti maka di Aneka Tunjangan akan di delete dan terancam tidak akan mendapatkan tunjangan GTT..... setelah di betulkan langsung di sincron ulang paling lambat jam 5 sore untuk batas sinc, sumber gaji APBD Kabupaten

Jadi mau tidak mau, kita harus menyesuaikan dengan keadaan yang ada, dan sekarang pertanyaannya adalah, Bagaimana cara mengganti misalkan saya masih menggunakan honorer sekolah di dapodik, apa yang harus saya lakukan.

Caranya sangat mudah, ikuti langkah mengganti Honorer Sekolah menjadi GTT Kabupaten dibawah ini:
1. Login Aplikasi Dapodik
2. Setelah masuk klik Menu PTK
3. Cari Honorer/GTT/PTT yang akan kita ganti klik Ubah
4. Misalnya adalah punya saya sendiri sekarang saya ganti dari Honorer Sekolah menjadi GTT Kabupaten, termasuk sumber gaji jangan lupa dari APBD Kabupaten

Sebelum

Sesudah

pastikan hingga muncul (Info Data PTK berhasil diperbarui, usahakan jangan terjadi Error/Corrupt pada Aplikasi Dapodik 2016)

Jika setelah di klik SIMPAN muncul tulisan Error/Gagal dan diinstruksikan mencari kotak merah dan tidak ketemu, solusinya adalah dengan (ini saya langsung praktekkan) mengeluarkan, tekan F5 untuk merefresh tunggu sampai selesai refresh, kembali lagi ke Honorer/GTT/PTK yang tadi masih Error/Gagal, kalo misal masih tidak bisa anda belum beruntung (lakukan edit data pada semua kolom jika tidak nampak kolom warna merah)


5. Jika sudah diganti jangan lupa simpan dan cek semua GTT/PTT/Honorer yang kita ganti berulang, jika sudah semuanya, lalu lakukan Syncronisasi sebelum jam 5 sore ini.

Tinggal tunggu kabar selanjutnya, tentunya ada sesuatu jika kita disuruh menggantinya karena kemungkinan ada kebijakan tersembunyi, berita ini juga tidak asal karena data langsung dari UPTD Adimulyo, terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa share jika artikel saya ini mengenai "Anda Honorer/GTT, Setting Sumber di Dapodik Ini Bisa Mendapatkan Tunjangan" bermanfaat.

Friday, February 26, 2016

Cara Login dan Edit Absen di Bio System Online Siswa US SD/MI 2016

Cara Login dan Edit Absen di Bio System Online Siswa US SD/MI 2016 - Pagi ini saya tidak berangkat sekolah karena harus melembur banyak pekerjaan terutama Bios System Online yang pada jadwalnya adalah dimulai tanggal 26 - 29 Februari 2016, setelah tanggal itu data sudah tidak diubah oleh Operator Sekolah.

Untuk itu daripada hari minggu saya mengerjakan, mending saat ini mengerjakan dan tidak ada error lancar jaya bisa edit data dan masuk ke Aplikasi Bio System Online.

Ikuti langkah dan "Cara Login di Bio System Online Siswa UN 2016", berikut:
1. Ketikkan Bio System Online di Google
2. Pilih ini dan klik http://data.pdkjateng.go.id/
3. Muncul banyak Menu dan yang pertama anda pilih adalah paling atas SD/MI

4. Muncul Login dan anda jangan bingung tinggal memasukkan Kode Sekolah (jika belum memiliki minta ke dinas tempat anda). Untuk Kata Kunci NPSN dan Kode Keamanan yang ada dibawahnya tinggal Klik Masuk

5. Setelah masuk anda disuruh untuk Mengisi Data User (Operator Sekolah), jika sudah klik lanjut

  • Silahkan masukan data lengkap anda
  • Data ini adalah data PEMILIK ACCOUNT dari masing - masing sekolah yang bersangkutan
  • Yang wajib diisi adalah :
    • NAMA LENGKAP
    • NAMA PANGGILAN
    • JABATAN
    • ALAMAT
    • TELEPON
  • Tetapi kami menyarankan untuk memasukan data anda pada semua field yang disediakan
  • Kemudian tekan Lanjutkan

6. Step selanjutnya muncul Update Profil Sekolah, jika Kepala Sekolah sebelumnya masih tetap maka akan muncul seperti profil lama, jika baru, harus diubah nanti saat sudah masuk tinggal cari "Update Profil" dan jangan lupa edit sekalian jumlah siswa Rombel. Klik Simpan jika sudah benar

  • Silahkan ubah data sekolah anda jika data yang kami berikan tidak sesuai
  • Silahkan isi data sekolah anda selengkap - lengkapnya
  • Jumlah siswa adalah jumlah semua siswa per kelas pada tahun ajaran tersebut
  • Jumlah paralel kelas adalah jumlah sub bagian kelas pada kelas tersebut
  • Data sekolah ini dapat anda abaikan terlebih dahulu, dan dapat di ubah sewaktu-waktu. Dengan melakukan konfirmasi kepada Dinas Pendidikan Propinsi

7. Update Berhasil dan ada Notifikasi seperti dibawah ini

8. Cek dibagian atas apakah Informasi USER sudah benar seperti ini
INFORMASI USER :
 PROVINSI: 03 JAWA TENGAH
 RAYON: 11 KABUPATEN KEBUMEN
 SEKOLAH: xxx SDN TAMBAHARJO
 USERNAME: DJTG0311xxx


9. Ada banyak Menu pada sisi sebelah Kanan, misalnya anda akan melakukan Edit pada

Data Siswa



Sekalian Edit Nomor Urut Absen, caranya dengan klik siswa pada bagian depan atau semua saja tidak berpengaruh, 
Jangan lupa pilih paralelnya/rombel misal 1 ya klik 1
Edit peserta berdasarkan field (saya pilih absen)
Klik Edit
Lihat pada gambar yang saya nomori

Muncul semua Peserta US di SD saya tinggal ganti Nomor Absen berdasarkan NIS (Nomor Induk Siswa), lihat seperti ini
Sebelum

Sesudah



Update Profil



Pada bagian ini harus anda rubah terutama jika ada perubahan Identitas Sekolah misalnya adalah Kepala Sekolah dan Jumlah siswa dari kelas 1 - 6 harus dirubah, lihat pada gambar akan saya update pada bagian jumlah siswa L/P kelas 1-6, jika lupa jumlahnya cek di Aplikasi Dapodik

Update Password


Kalo ini tidak disarankan karena pihak Dinas Kabupaten meminta jangan mengedit Password, harus tetap menggunakan password NPSN, agar jika ada kesalahan data langsung bisa diedit oleh Dinas.

10. Jika sudah di cek semua dan benar anda tinggal mengunduh data peserta US SD/MI yang sudah diedit, caranya dengan mengklik tombol/button berbentuk gambar excel/print anda tinggal pilih, data ini akan diminta oleh UPT Dinas dan dikirim ke Dinas Kabupaten untuk pemeriksaan lebih lanjut dan pembuatan DNS (Daftar Nama Sementara) menjadi DNT (Daftar Nama Tetap)


Setelah diunduh semua, selesai... anda tinggal Logout/Keluar

NB:
Yang membutuhkan NRG (Nomor Registrasi Guru) yang Lulus pada Tahun 2015 kemarin dengan mengirim Inbox ke Facebook saya langsung DISINI (sertakan Nama SD dan Nama PTK, khusus Jawa Tengah lainnya tidak punya)

Jangan lupa share artikel "Cara Login dan Edit Absen di Bio System Online Siswa US SD/MI 2016" jika bermanfaat. Terima kasih kunjungannya...

Wednesday, February 24, 2016

Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 2 SD Semester 2 TA 2015-2016

Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 2 SD Semester 2 TA 2015-2016

1.       suka – Salma – bakso – pedas – makan
Susunan kalimat yang benar adalah………………………
a.       Bakso pedas Salma suka makan
b.      Salma suka makan bakso pedas
c.       Suka makan bakso pedas Salma
2.       …………………….makanan kegemaranmu, John ?
Kata tanya  yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah…………………..
a.       apa                                                 b. kapan                                          c. mengapa
3.       Suara tikus adalah…………………………
a.       embek-embek                          b. aum-aum                                       c. cit-cit-cit
4.       Kata yang tepat untuk menanyakan sebab adalah…………….
a.       mengapa                                     b. bagaimana                                     c. kapan
5.       Hanny anak yang rajin tetapi kakaknya……………………
a.       baik                                                b. malas                                         c. bodoh
6.       Kakek sudah tua tetapi ayah saya masih…………………..
a.       kuat                                               b. muda                                           c. santai
7.       Sofia sedang………………………. berita di radio.
a.       melihat                                         b. memperhatikan                          c. mendengarkan

8.       Kapan Thomas berlari pagi……………..
Tanda baca yang benar untuk pertanyaan di atas adalah……………………
a.       ?                                                      b. !                                                 c. ,
9.       Ruben akan menonton bioskop. Kata menonton artinya…………………..
a.       memasuki                                   b. membuat                                       c. melihat
10.   Aldo sakit…………………..karena makan rujak yang sangat pedas.
a.       perut                                             b. mata                                             c. kepala
11.   Menggonggong adalah suara binatang………………….
a.       kucing                                           b. kuda                                              c. anjing
12.   Binatang yang menyebabkan sakit demam berdarah adalah………………
a.       lalat                                                b. nyamuk                                        c. kecoa
13.   Senang – Dita – buku – dongeng – membaca
Susunan kalimat yang benar untuk kalimat di atas adalah………………
a.       Dita membaca buku dongeng senang
b.      Senang membaca buku dongeng Dita
c.       Dita senang membaca buku dongeng
14.   Kata diceraikan bila diceraikan berdasarkan suku katanya adalah…………………
a.       di – ce – rai – kan                     b. di – cerai – kan                        c. di – ce – ra – i – kan
15.   Penyakit yang disebabkan oleh unggas adalah………………….

a.       paru-paru                                    b. ginjal                                         c. flu burung



20 Soal DISINI

Prediksi Soal US Bahasa Indonesia Kelas 6 (VI) SD Semester 2 TA 2015-2016

Prediksi Soal US Bahasa Indonesia Kelas 6 (VI) SD Semester 2 TA 2015-2016

Pilihlah jawaban yang paling benar!
Bacaan untuk soal no 1-5.  ( Detik-Detik UASBN SD/MI, 2010 : 23)
            Tanpa tanah tak berarti tidak dapat menanam tanaman. Setidaknya, kini telah berkembang cara bercocok tanam baru yang dikenal dengan nama hidroponik.
            Tidak seperti cara biasa yang menggunakan tanah, hidroponik justru menggunakan kerikil, pecahan genting,  pasir kali, gabus putih,  atau benda berpori lainnya sebagai tempat tumbuh tanaman.
            Lingkungan perkotaan yang memang sedikit sekali tersedia tanah, cara seperti ini akan banyak menolomg. Betapa tidak, dengan bahan-bahan yang ada di sekitar kita, ibu-ibu bisa menanam bunga kesukaannya. Pot-pot dan tempat kecil yang digunakan untuk bertanam, juga bisa dipakai sebagai penghias ruangan.
            Hidroponik dipilih oleh banyak penggemar kegiatan tanam-menanam karena praktis dan bersih. Hidroponik menawarkan beberapa keuntungan lain. Yang tak sama dengan bertanam biasa dengan tanah.

1.      Apa judul bacaan yang tepat untuk bacaan di atas?
a.            Bertanam Praktis
b.            Hidroponik
c.             Bertanam Tanpa Pot
d.            Keuntungan hidroponik
2.      Bagaimana cara bertanam hidroponik ?
a.            Menggunakan pot dan media tanah
b.            Menggunakan media daun-daunan
c.             Menggunakan media kerikil, pecahan genting, pasir kali, gabus putih atau benda berpori
d.            Menggunakan media pupuk kandang
3.      Dimanakah  bertanam secara hidroponik digunakan banyak orang?
a.            Di lingkungan pedesaan
b.            Di lingkungan transmigrasi
c.             Di lingkungan perkotaan
d.            Di lingkungan perkebunan
4.      Mengapa bertanam secara hidroponik digemari banyak orang?
a.            Bertanam secara hidroponik praktis dan bersih
b.            Bertanam secara hidroponik biayanya murah
c.             Bertanam secara hidroponik cara perawatannya mudah
d.            Bertanam secara hidroponik dapat ditanam dalam pot.
5.      Simpulan isi bacaan tersebut adalah .....
a.       Di lingkungan perkotaan cocok bertanam cara hidroponik
b.      Media hidroponik sulit didapat sehingga orang tidak tertarik dengan cara ini
c.       Hidroponik mulai dikenal orang
d.      Hidroponik digemari banyak orang karena lebih praktis dan bersih.
Bacaan berikut ini untuk soal nomor 6-8.
            Kabayan berdiri di pematang sawah yang padinya baru saja tumbuh. Ia menjinjing ember, niatnya mau mengambil siput yang biasa hidup di sawah. Kabayan tidak berani turun ke sawah, ia pikir sawahnya sangat dalam karena tampak bayangan awan di langit. Ketika sedang asyik mencolek-colek siput dengan sebilah bambu, Kabayan terpeleset jatuh ke sawah.
            Kabayanbaru sadar kalau sawahnya ternyata dangkal. Sawah itu tampak dalam hanya karena bayangan awan. Dungu sekali aku ini, katanya di dalam hati.
6.      Latar tempat cerita di atas adalah ...
a.       ladang
b.      sawah
c.       langit
d.      awan
7.      bagaimana watak si Kabayan menurut penggalan cerita di atas?
a.       Sabar
b.      Jujur
c.       Dungu
d.      Berani
8.      Apakah amanat yang ingin disampaikan dalam cerita di atas?
a.       Kita harus rajin belajar
b.      Jangan meniru sikap Kabayan
c.       Jadi orang jangan penakut, harus berani mencoba
d.      Jangan melakukan sesuatu yang belum pasti karena berbahaya
( Darmawati, Dkk., 2011:34-35)
9.      Kutipan cerita 1
Si Paul adalah orang yang lucu dan cerdik. Pada suatu hari ia dicoba keberaniannya oleh seorang kaya untuk menungging dan memperlihatkan pantatnya kepada Sri Baginda. Jika gagal, Si Paul akanmendapat murka dan dihukum penggal kepala oleh raja. Jika berhasil , Si Paul dijanjikan akan diberi hadiah yang banyak oleh si kaya itu.(Sumber:James Danandjaya, Cerita Rakyat dari Kalimantan, Jakarta, Gramedia, 1992)
Kutipan cerita  2
            Alkisah, pada jaman dahulu kala di hulu sungai dekat sebuah dusun terpencil di Gorontalo tinggallah seorang pemuda sederhana. Pemuda itu bernama Lahilote. Dia sering mencari rotan di hutan sebagai mata pencaharian. Pada suatu malam Lahilote bermimpi mendapat sepotong rotan besar yang disebut “Hutiya Mala”.
            Beberapa hari kemudian dalam perjalanannya ke hutan untuk mencari rotan, secara tidak sengaja lohilote melihat tujuh bidadari yang sangat cantik. Bidadari itu sedang mandi dengan riang di sungai. Ketujuh bidadari tersebut meninggalkan selendangnya di tepi sungai. Seketika itu timbul hasrat Lohilote untuk mengambil dan menyembunyikan salah satu selendang bidadari tersebut. (sumber: http:// filateli.wasantara. net.id)
Perbedaan watak tokoh Si Palui dan Lohilote dalam kedua cerita tersebut adalah ...

KUTIPAN CERITA 1
KUTIPAN CERITA 2
a.
Lucu , cerdik
Sederhana, jujur
b.
Lucu, pemberani
Rajin, pekerja keras
c.
Cerdik, pemberani
Sederhana, rajin
d.
Lucu, cerdik
Sederhana, usil
( Darmawati, Dkk., 2011:82)

10.  TUHAN
Berikan aku mimpi malam ini
Tentang soal-soal
Yang diujikan besok pagi
Puisi di atas berisi tentang ...
a.            jalan kebenaran
b.            harapan
c.             puji syukur
d.            khayalan
( Uji kompetensi SD Semester 2 Kab. Kendal, 2009:2)
11.  Kodir lari sambil membawa galah, matanya tertuju pada layangan putus. Layangan jatuh di seberang jalan. Kodir menyeberang jalan tanpa melihat kiri dan kanan. Baru sampai di tengah jalan, tubuh Kodir mental tertabrak sepeda motor. Tubuh Kodir terluka parah. Kodir segera dilarikan ke rumah sakit.
Pesan yang terdapat dalam rubrik di atas adalah ...
a.       kalau lari jangan sambil membawa galah
b.      mengejar layangan putus memang menyenangkan
c.       jika ada orang tertabrak kendaraan segera di bawa ke rumah sakit
d.      jika hendak menyeberang jalan, kita harus melihat kiri dan kanan
( Darmawati, Dkk., 2011:35)
Bacaan berikut untuk soal nomor 12 dan 13.
            Suatu hari Dimas menemukan sebuah dompet yang berisi uang, SIM, KTP, dan surat-surat penting lainnya. Dia tertegun melihat uang sebanyak itu. Karena merasa bukan miliknya, dia berusaha mengembalikan dompet kepada pemiliknya.
12.  Tema cerita di atas adalah ...
a.       kejujuran
b.      kebahagiaan
c.       ketakutan
d.      keuntungan
13.  maksud kalimat , Dia tertegun melihat uang sebanyak itu dalam bacaan tersebut adalah ..
a.       Dia senang melihat uang banyak sekali
b.      Dia takut melihat uang begitu banyak
c.       Dia sedih karena uang tersebut milik orang lain
d.      Dia merasa heran melihat uang sebanyak itu
( Darmawati, Dkk., 2011: 52)
14.       Ridho  : ini pasti ulah Rio. Ia balas dendam kepada kita. (sambil membersihkan kelas)
Tia       : Rasanya hal itu tidak mungkin. Rio bukan tipe anak pendendam. Setahuku selama ini ia baik.

Ridho  : Mungkin juga. Buktinya kelas kita sekarang kotor. Mungkin sepulang sekolah kemarin ia sengaja membuang sampah-sampah ini.
Amanat yang terkandung dalam penggalan drama tersebut adalah ...
a.            kelas yang kotor akan membuat ketidaknyamananbelajar
b.            sifat pendendam tidak perlu ditiru
c.             kita tidak boleh berprasangka buruk terhadap orang lain
d.            pekerjaan yang dilakukan secara gotong royong akan cepat selesai
( Detik-Detik UASBN SD/MI, 2010 : 25)
15. Penulisan kata depan k yang gtepat terdapat pada kalimat ...
a.            Kemana saja dia berjalan kaki?
b.            Langkahkan kaki kekiri dan kekanan.
c.             Kami kesana bersama-sama.
d.            Kami sekeluarga bertamasya ke pantai.
( Detik-Detik UASBN SD/MI, 2010 :26)
16. Lina menonton film kartun.
Lina mengerjakan PR.
Penggabungan dua kalimat di atas yang benar adalah ....
a.       Lina menonton film kartun ketika Lina mengerjakan PR.
b.      Lina menonton film kartun setelah mengerjakan PR.
c.       Lina menonton film kartun danmngerjakan PR.
d.      Lina menonton film kartun , tetapi mengerjakan PR.

( Detik-Detik UASBN SD/MI, 2010 :26)





42 Soal Lainnya DISINI
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact

Copyright 2013 SD Negeri Tambaharjo: February 2016 Template by Desa. Powered by Blogger