Tuesday, January 26, 2016

Cooming Soon, Penyatuan Dikdas dan Dikmen

Cooming Soon, Penyatuan Dikdas dan Dikmen - Kabar terbaru kali ini adalah mengenai penyatuan Dikdas dan Dikmen. Saat saya mengunjungi laman terbaru yang sedang imigrasi disana terlihat tulisan yang berisi 

Sistem Dalam Perawatan

Kami sedang melakukan proses migrasi untuk menyatukan konten pendidikan dasar dan menengah.
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.



Hmmm, sepertinya ada yang sedang migrasi server baru nih. Kemungkinan Dikdas menjadi yang pertama karena servernya tidak down, dan Dikmen menjadi yang kedua karena servernya awal down tapi sekarang sudah tidak.

Semoga nantinya dalam penggabungan tidak terjadi carut marut dan harapannya jangan sampai pada saat syncronisasi akhir yaitu 29 Februari 2016 DikdasMen tidak rebutan server.

Itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf karena belum tahu mau buat artikel apa. Yang jelas kita akan bersatu padu melawan Data. Cooming Soon, Penyatuan Dikdas dan Dikmen

Sukses Tarik PTK Online, Ini Langkah-Langkahnya

Sukses Tarik PTK Online, Ini Langkah-Langkahnya - Akhirnya saya sukses juga meskipun SK dan tanggal masih inden alias SK belum jadi, daripada kelamaan mendingkan sementara buat dulu, giliran Sertifikasi aja buatnya cepat tapi pas GTT yang minta lama banget.

Sebenarnya saya sudah mempraktekkannya pada salah satu blog saya dan sekarang baru berhasil karena kemarin saya belum mendapatkan SK pembagian tugas, namun sekarang sudah sukses.

Hal yang pertama dilakukan setelah di Tarik PTK Online adalah anda konfirmasi data. Jika semua data di dapodik sudah benar selanjutnya adalah konfirmasi ke OPS yang merupakan PTK awal dan mutasi ke sekolah kita.

Pastikan bahwa PTK awal Sekolah sudah dimutasikan oleh OPS, yang paling penting adalah komunikasi, tanpa komunikasi kita tidak akan bisa mengerjakan.

Berikut "Sukses Tarik PTK Online, Ini Langkah-Langkahnya", ikuti yah:
1. Masuk ke Aplikasi Dapodikdas
2. Jika sudah benar yang anda lakukan adalah klik Validasi
3. Jika dalam validasi tidak ada invalid berarti lanjutkan ke syncronisasi
4. Namun jika masih ditemukan invalid kerjakan dulu
5. Supaya lebih mudah cek sinyal internet, pastikan syncronisasi mencapai lebih dari 2 menit, jika kurang ulangi lagi (tergantung sinyal).
6. Lihat gambar dibawah ini dari awal syncronisasi sampai Tarik PTK Online berhasil pindah ke tabel Mutasi sekolah saya.
Yang pertama adalah cek validasi dan selanjutnya syncron


Kedua syncron

Ketiga sudah selesai syncron

Keempat cek tabel PTK

Sukses

Selanjutnya yang anda lakukan adalah mengisi No Surat Tugas PTK yang tadi kita Tarik Online dengan SK Mutasi yang PTK miliki.

Caranya dengan mengklik Penugasan isi sesuai dengan No SK/TMT/Tanggal SK dan isis PTK Mutasi atau tambahan pelajaran dengan mengisi Mutasi (Induk) dan Tambahan jam/pelajaran (Non Induk). Perlu anda ketahui bahwa data rinci hanya diisi oleh sekolah Induk, jadi jika pada PTK Tambahan Jam/Pelajaran Data Rinci hilang karena Sekolah Non Induk tidak berhak edit yang diperbolehkan adalah Sekolah Induk. Sukses Tarik PTK Online, Ini Langkah-Langkahnya

Jika sudah sukses, cek lagi PTK Mutasi takutnya ada data yang masih kurang selanjutnya Syncronisasi ulang dan jangan lupa cek lagi supaya data semakin terpercaya. Karena kita penjaga Data! wakakakak

Salam sukses dari saya, silahkan share jika artikel ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya pada artikel "Sukses Tarik PTK Online, Ini Langkah-Langkahnya".

Langkah Selanjutnya Konfirmasi Mengenai Tarik PTK Online

Langkah Selanjutnya Konfirmasi Mengenai Tarik PTK Online - Pada artikel sebelumnya pada salah satu blog saya membagikan mengenai cara Tarik PTK Online.

Dan salah satu teman saya sukses setelah dia melakukan cara diatas.

Baca Juga : Cara Tarik PTK Online Dapodikdas 4.1.1

Selain itu syarat untuk mutasi/Tarik PTK Online adalah:
1. Informasikan dulu ke petugas OPS tempat PTK atau Guru asal untuk memutasikan dan menyincronkan data dapodik.
2. Jika PTK/Guru belum dimutasikan oleh pihak asal sekolah lama, maka PTK tersebut meskipun sudah ditarik tetap tidak akan bisa apalagi belum disyncron maka PTK tidak bisa keluar.
3. Jika sudah di syncron PTK/Guru yang akan kita Tarik PTK Online dapat dikeluarkan dengan cara login ke SINI masukkan seperti biasa email, password, dan kode registrasi dapodik masing-masing

Langkah-langkahnya adalah bisa di cek pada laman ini, lalu jangan lupa konfirmasi ke pihak ops tempat asal PTK/Guru bekerja untuk memutasikan. Selanjutnya jangan lupa cek di dashboard MENU PTK pada Aplikasi Dapodikdas dan jreng-jreng PTK mutasi anda sudah muncul.

Saya sebenarnya sedang mencoba mengerjakan, namun sekarang masih maintenance, jadi harus bersabar menunggu esok pagi. Semoga saja sukses dan tidak ada halangan lagi.

Terima kasih atas kunjungannya pada artikel "Langkah Selanjutnya Konfirmasi Mengenai Tarik PTK Online" semoga bermanfaat.

Kekurangan Aplikasi 4.1.1 Pada Tabel Peserta Didik

Kekurangan Aplikasi 4.1.1 Pada Tabel Peserta Didik -  Meskipun sudah dilanjutkan ke data periodik tetap saja punya saya di data siswa gagal menyimpan. Dan bukan hanya itu sebelumnya pada aplikasi bahwa invalid tidak masalah. Yang jadi masalah adalah tanda pentung berwarna kuning.

Berbeda dengan aplikasi saat ini, saat kita disuruh untuk mengisi ulang data periodik setiap siswa.
Validasi

Ternyata masih ada 83 invalid data periodik siswa



Data periodik siswa berisi mengenai :
Prestasi dan beasiswa yang didalamnya harus diisi sesuai dengan keadaan siswa. Saya akan mengebut untuk segera melakukan syncron mengenai Tarik PTK Online melalui laman dapodikdas. Syarat supaya dapat ditarik adalah, PTK masih aktif dan yang paling utama data di dapodik surat clear dan tidak ada invalid.

Langkah Mudah Untuk Mengisi Data Peridoik Peserta Didik:
1. Saat sudah melakukan validasi pada tombol "Validasi Data" sisi kiri atas ada Cetak Excel supaya memudahkan kita siapa peserta didik yang masih invalid.

2. Lalu akan unduh otomatis dan klik unduhan excek tadi dan selanjutnya edit data siswa yang masih invalid

3. Yes agar extension mau membuka

4. Sudah berhasil dan anda tinggal edit saja
Jadi tugas saya kali ini adalah mengisi data periodik setiap siswa yang muncul pada Validasi saat kita akan melakukan syncronisasi.

Doakan supaya saya sabar menghadapi cobaan ini.

Sekian dan terima kasih atas kunjungannya pada artikel "Kekurangan Aplikasi 4.1.1 Pada Tabel Peserta Didik", sukses selalu.

Solusi Sering Muncul Pembaruan Tersedia Dapodikdas 4.1.1 Tahun 2016

Solusi Sering Muncul Pembaruan Tersedia Dapodikdas 4.1.1 Tahun 2016 - Terkadang kita karena sejak jengkel-jengkelnya terhadap pekerjaan yang belum selesai datang lagi membuat semuanya menjadi muak dan mengjengkelkan.

Hampir sama dengan cerita saya malam hari ini tepat pukul 11.17 WIB saya membagikan cerita mengenai Dapodikdas. Meskipun sudah banyak yang saya kupas, namun tidak bosan-bosannya saya ingin berbagi pengalaman melalui blog ini.

Menurut saya Dapodikdas yang versi 4.1.1 ini sangat simple dan mudah terbukti dari cara input data dan lain sebagainya hanya memanfaatkan server lain menjadi satu.

Saat saya akan melakukan login di aplikasi dan saat itu online/disambungkan ke modem langsung aplikasi saya menunjukkan upgrade 4.1.1. Padahal sudah pernah upgrade, lalu saya coba klik lanjutkan seperti dibawah ini:
1. Login Aplikasi Dapodikdas
2. Muncul gambar dibawah yang intinya menyuruh kita untuk upgrade 4.1.1

3. Tunggu sampai proses selesai

4. Dan kembali muncul seperti ini

5. Saya cek juga masih tetap aplikasinya seri ini

Akhirnya saya mencari cara, dan teringat pesan dari teman-teman ops bahwa kalo sudah upgrade dan muncul tanda seperti diatas yang harus kita lakukan adalah tekan tombol "F5" pada keyboard anda. Dijamin tabel tersebut hilang dan anda lancar mengerjakan kembali.

Mudah bukan tips saya menanggulangi masalah disuruh update aplikasi 4.1.1 padahal sudah pernah sebelumnya. Terima kasih sudah membaca artikel "Solusi Sering Muncul Pembaruan Tersedia Dapodikdas 4.1.1 Tahun 2016" semoga bermanfaat.

Monday, January 25, 2016

Contoh SK Tes Uji Coba SD Tahun 2015/2016

KOP SEKOLAH


KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH
Nomor : 421/ 067 /2015

Tentang

PANITIA TES UJI COBA UN (TUC )
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Menimbang       :     Agar  pelaksanaan  Tes Uji Coba UN (TUC ) Sekolah Dasar Negeri Tambaharjo Tahun Pelajaran 2015/2016 berjalan dengan lancar.

Mengingat         :     1.   Permendiknas No. 59 Tahun 2011
                                2.   Permendikbud No. 3 Tahun 2013
                                3.   Permendikbud No. 102 Tahun 2013
                                4.   Kep. Badan Pen Pengem Kemendikbud No.

MEMUTUSKAN

Pertama             :     Membentuk Panitia Tes Uji Coba UN (TUC ) Sekolah Dasar Negeri Tambaharjo Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kedua               :     Tugas  dan tanggung  jawab Panitia Tes Uji Coba UN (TUC ) sesuai dengan  petunjuk yang ada.
Ketiga               :     Semua   biaya   yang   timbul  demi  terlaksananya tugas panitia dibebankan kepada anggaran yang sesuai.
Keempat            :     Hal - hal  yang  belum  diatur  dalam  keputusan  ini  akan  diatur kemudian dan apabila dalam keputusan ini ada kekeliruan akan dibetulkan sebagaimana mestinya.
Kelima               :     Keputusan ini berlaku sejak ditetapkan / diputuskan.

Ditetapkan di Tambaharjo
Pada tanggal 13 Februari 2016
Kepala Sekolah




...............................................
NIP. ..........................................

Tembusan dikirim kepada :
Yth.   Kepala UPTD Dikpora Unit

          Kecamatan Adimulyo.

Tanya Jawab Mengenai Aplikasi Dapodikdas 4.1.1 Tahun 2016

Tanya Jawab Mengenai Aplikasi Dapodikdas 4.1.1 Tahun 2016 - Langsung saja ini masalah dan solusi mengenai Aplikasi Dapodikdas v.1.1, semoga bermanfaat.

1. Takon : Maaf mw nanya sy sinkronisasi kemarin dan hari ini tp koq jawabannya selalu token tidak ditemukan???
Jawab : ga pake token......

2. Takon : teman" knp yach di kurikulum kok masih merah,ada yg sma,gmn cara merubahnya
Jawab : Berati skolah ibuk tdk memakai k13.

3. Takon : bapak ibu minta bantuannya.... setiap melakukan pembaharuan 4.11 gagal terus..... minta solusinya.
Jawab : tidak offline, harus online....

4. Takon : kenapa stiap register dapodik data preill tidak ditemukan?
Jawab : buat prefill-dapodik,seharusnya .prefill_dapodik

5. Takon : Saya mau tanya, kapan batas waktu sinkron untuk penerbitan sktp....
Krn guru di sekolah saya sudah sibuk nyuruh saya meyelesaikan data di spanduk...
Mohon penjelasannya pak
Jawab : SEBELUM 29 FEBRUARI 2016

6. Takon : boleh tanya teman2, aplikasi dapodik saya masih versi 4.0.3 ingin download versi 4.10 tapi sdh rilis 4.11.
instal yang 4.10 dulu tp sdh tidak tersedia lagi di laman dapo.dikdas mau instal 4.11 takut salah. mohon bimbingannya teman??
Jawab : install langsung 411

7. Takon : error gagal menyimpan pada rincian PTK?
Jawab : Lengkapi data yang masih kosong atau muncul seperti kotak merah

8. Takon : Mengapa di Profil tulisan MENERIMA BOS kok terjawab TIDAK
Jawab : isi semua data rincian menu SEKOLAH

9. Takon : Mengapa nama guru dikolom PTK tapi di pembelajaran TIDAK TERCANTUM
Jawab : Lanjutkan data periodik di MENU Rombel

10. Takon : kalau dapodik yang lama tidak bisa diuninstal solusinya bagaimana? terima kasih
Jawab : pake CC cleaner pa/ Iobit unsintaler / pake aplikasi REVO UNINSTALLER

11. Takon : jika saat generate prefill.. muncul data tidak ditemukan... itu kenapa ya? mohon solusinya.
Jawab : kalo download prefill lang sung ditaruh di C prefill_DAPODIK,, Insya Allah BERHASIL

12. Takon : Mohon solusi, bagaimana cara menambah PTK baru di fitur dapodik?
Jawab : pake manual tambah jangan dulu pake tarik ptk online karena masih error

13. Takon : Bapak ibuk operator, mohon info nya... Skrg yg kita guna kan updater 4.11 atw installer 4.11??
Jawab : coba dapodik yang lama di unisntal terlebih dahulu kemudian instal lagi ama versi terbaru 4.11 jangan lupa juga download prefill'y

14. Takon : kode registrasi dapodik semua sekolah di rubah?
Jawab : tidak

15. Takon : cara mencari koreg yang lupa?
Jawab : masuk program file - dapodikdas/dapodikmen sma-smk - webserver - logs - access buka dengan notepad ctrl+f tulis kode_registrasi sebelahnya ada koreg

16. Takon : Mohon Infonya : pada halaman pembelajaran Rombel itu apa SK pembagian tugas atau SK guru?
Jawab : SK pembagian Tugas mengajar

17. Takon : Mohon solusinya...dapodik 4.1.1 registrasi sukses hanya saja loadingnya kelamaan bisa sampai 1 jam padahal saya pake Indihome...SOLUSI?
Jawab : Putuskan koneksi inet supaya tidak tersinkron scr online

18. Takon : mohon solusi dong teman OPS .... Edit pembelajaran ngak bisa di simpan
Jawab : harus lengkap, tgl SK, PTK, No SK, Jumlah jam mengajar kayaknya gitu.

19. Takon : gimana cara masuk di login manajemen?
Jawab : http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/manajemen-un/web/ lalu masukkan email dan password

20. Takon : Mohon petunjuk tentang sarpras.. semua sarpras disetiap ruangan sdh saya isi semua tetapi setelah divalidasi dikatakan sarpras belum diisi. Mohon solusinya teman teman...
Jawab : coba mbak klik salah satu ruangan trs diatas ada tulisan input kondisi(genap2015/2015) lalu klw semua data mbak ngk ada yg rusak apa atau apa?? langsung aja save and close 
semoga berhasil

21. Takon : Misalkan ada PTK yg pindah kesekolah lain cara input data utk PTK yg bersangkutan bagaimana (cara mencari PTK tersebut) ?. makasih
Jawab : biar dtarik sekolah yang baru...terus baru di keluarkan...

22. Takon : ada yg tau solusi ketika sinc selalu ada tulisan 'PENGGUNA TIDAK AKTIF" ???
Jawab : Buka Link INI

23. Takon : Maaf rombel dengan nama "" belum mempunyai nomor urut. Silahkan menggunakan tombol pengaturan. Kembali
Jawab : Maaf, coba d atur dulu rombelnya lewat menu pengaturan no. kursi

24. Takon : tolong bantuan kawan ops : untuk mapel BIMBINGAN DAN KONSELING jmlah jam di isi brpa ya bpk ibu ops????
Jawab : Jml siswa x 24 : 150

25. Takon : mau masuk menejemen dapodik tp ga bisa, itu harus pakai email dapodik ato yg lain gan???
Jawab : email dapodik n kode reg dapodik

26. Takon : tanya gan.. kenapa nisn di aplikasi dapodik tidak muncul? bgm caranya ya...
Jawab : setelah mengisi di residu verval PD, tunggu 1x24 jam terus download prefill instal ulang

27. Takon : sy mau ganti password email di penugasan,,,tp mala yg mauncul kaya gini gagal menyimpan,,mohon pencerahan ?
Jawab : Untuk Opr , Email yg digunakan pada Akun PTK ,tidak boleh sama/ beda dg Email yg dipakai Login Dapodik.. Ubah dulu Email yg di data PTK , kmudian simpan pada Akun .
Jika yg bermasalah adalah PTK yg bukan Opr/ tidak bisa mnyimpan Email, coba cara ini >>>isi emai nya trs rubah status PTK misal PNS jadikan CPNS trs save... jika berhasil simpan ubah lagi stts PTK tersbut kembalikan ke asalnya dan save lagi, smoga berhasil.

28. Takon : generate prefill pake apa yach...kode register atau npsn
Jawab : koreg dan NPSN

29. Takon : 
Jawab : 

30. Takon : 
Jawab : 


Terima kasih atas kunjungannya pada artikel "Tanya Jawab Mengenai Aplikasi Dapodikdas 4.1.1 Tahun 2016" semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

Sunday, January 24, 2016

Bagaimana Cara Registrasi Operator Sekolah Tahun 2016

Registrasi Operator Sekolah

Kolom dengan tanda * harus diisi.
Biodata
File dalam format PDF dengan ukuran Max. 2Mb (Ditandatangani Kepsek dan Cap), setelah registrasi silahkan cek di status pendaftaran.

Cek Status Pendaftaran Operator di (sdm.data.kemdikbud.go.id)

Cek Status Pendaftaran Operator di (sdm.data.kemdikbud.go.id) - Bagaimana cara anda mengetahui bahwa data atau email anda sudah terdaftar di sdm.data.kemdikbud.go.id.

Ada berita baik mengenai Operator Sekolah untuk pengerjaan Verval GTK dan NUPTK, kabarnya Operator Sekolah disuruh untuk mengupload SK terbaru mereka untuk pengerjaan Verval GTK dan NUPTK pada laman sdm.data.kemdikbud.go.id.

Namun sebelumnya bagi anda Operator yang sudah lama pastikan sudah pernah upload SK Operator Sekolah. Bagi yang belum segera melakukan registrasi di laman tersebut.

Langsung ke pembahsan pertama yaitu "Cek Status Pendaftaran Operator di (sdm.data.kemdikbud.go.id)", berikut:
1. Buka link ini
2. Masukkan email yang sudah pernah anda daftarkan di laman tersebut

3. Jika muncul keterangan diatas berwarna merah "Silahkan registrasi terlebih dahulu" berarti anda disuruh untuk Registrasi

4. Namun jika muncul warna hijau "Akun sudah aktif, silahkan login" anda sudah sukses dan tinggal Login.


Bagaimana, masih bingung bagaimana Cara Registrasinya, silahkan cek Disini (update)

Terima kasih atas kunjungannya pada artikel "Cek Status Pendaftaran Operator di (sdm.data.kemdikbud.go.id)" semoga bermanfaat.
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact

Copyright 2013 SD Negeri Tambaharjo: January 2016 Template by Desa. Powered by Blogger