Friday, December 30, 2016

Cara Cek Data dan Edit Peserta UN SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MK Tahun 2016/2017


Cara Cek Data Peserta UN SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MK Tahun 2016/2017 - Guna untuk memperlancar administrasi khususnya bagi peserat didik, operator/pihak sekolah wajib mengecek dan mengedit jika ada kesalahan data termasuk untuk siswa-siswi yang akan melaksanakan Ujian Nasional pada ajaran 2016/2017 yang biasanya diselenggarakan pada bulan Mei pada semester 2.

Data peserta didik 2016/2017 merupakan hasil pengumpulan data melalui Dapodikdas dan Dapodikmen, yang terintegrasi dalam pengelolaan Data Warehouse Kemdikbud yang bersifat Online. Karena bersifat online maka perlu adanya koordinasi terkait dengan Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (verval PD) yang bertingkat dari Satuan Pendidikan, Dinas Kab-Kota, Dinas Provinsi dan Pusat.

Tabel-tabel data individual peserta didik dan rangkuman data mulai dari satuan pendidikan, kab-kota, provinsi dan nasional merupakan hasil akumulasi dari proses pengelolaan DAPODIK (pengumpulan, integrasi, verifikasi-validasi, dan kompilasi).

Untuk mengetahui lebih jelasnya, bagaimana cara kita mengecek data peserta UN jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MK Tahun 2016/2017, berikut:
1. klik link ini dan lakukan login seperti pada Verval PD/PTK : https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appKey=7A07D115-C302-4D8B-B992-B1C8761F0234

2. Setelah masuk anda akan dihadapkan pada peserta UN kelas 6/9/12, disini saya kelas 6 SD,

3. Klik salah satu nama peserta didik yang akan anda lihat, nanti akan muncul pada tab baru dengan menampilkan NISN, Nama, SKHUN dan jenis kelamin. Bila ada kesalahan nama, nisn, nama ibu dan tanggal lahir melalui verval PD (Klik jika ingin mengedit).

4. Lihat semua peserta UN sebelum nantinya dicetak DNS (Daftar Nominatif Sementara), pada tahap ini jika ada kesalahan data pendidik masih bisa dirubah tanpa harus datang ke Dinas Pendidikan terkait. Setelah DNS selesai selanjutnya akan muncul pada paling akhir yaitu DNT (Daftar Nominatif Tetap) dan tidak akan bisa dirubah kecuali anda bisa datang ke tingkat kabupaten jika susah sekali hanya bisa dibetulkan di Semarang/Dinas Pendidikan yang mendalaminya.

5. Jika anda ingin mendownload semua peserta didik bisa dengan mengklik Export pada sisi kiri atas, namun nanti yang akan muncul hanya semua siswa dari kelas 1-6 SD dan yang muncul hanya NISN tidak ada data lainnya.

Hasilnya


6. Untuk menghemat kuota bisa juga dengan mengklik satu-persatu peserta didik yang akan mengikuti UN bagi kelas atas 6/9/12. Dan mendownload file nya, sehingga bisa anda cek bersama dengan guru lain sebagai acuan, caranya dengan mengklik peserta didik, setelah itu pada tombol keyboard anda tekan CTRL+P, muncul save dalam bentuk print langsung atau bisa juga disimpan dalam bentuk PDF yang bisa anda rubah pada sisi kiri (Destination)


7. Tekan save dan arahkan ke folder yang kita inginkan,



Jika sudah selesai tinggal melanjutkan pada peserta didik yang lain, selamat mencoba, sebagai pemberitahuan bahwa untuk edit peserta didik masih ada waktu sebelum DNS 1 dan 2 setelah itu DNT turun dan anda sudah tidak bisa merubah peserta didik untuk mengikuti Ujian Nasional.

Akibat jika tidak merubah adalah siswa tidak diijinkan mengikuti Ujian karena data tidak valid, juga berimbas pada SKHUN sebagai dasar untuk siswa mendaftar pada jenjang yang lebih tinggi. Segera lakukan sebelum terlambat, dan jangan lupa berikan saran dan kritik supaya saya lebih giat lagi memebrikan informasi. Terima kasih atas kunjungannya

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact