Tuesday, October 4, 2016

Download RPP Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 4 Semester 1

Posted by Blogger Name. Category: , ,

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
 
Satuan Pendidikan   : SD Negeri
Kelas / Semester        : IV (Empat) / 1 (Satu)
Tema / Sub Tema      : Pahlawanku / Sikap Kepahlawanan
Pembelajaran            : 6
Alokasi Waktu          : 7 x 35 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan tempt bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
 B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
IPS
Kompetensi Dasar
1.2Menjalankan ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan dengan mempertimbangkan kelembagaan sosisl, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat.
2.2Menunjukkan perilaku, jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, danpercaya diri,  sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh–tokoh pada masa Hindu, Budha dan islam dalam kehidupannya sekarang.
3.2Mengenal manusia aspek keruangan, konektivitas antar ruang perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi dan pendidikan.
4.1. Menceritakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antar ruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial ekonomi dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya.
Indikator
3.2.1. Menyebutkan nilai-nilai pahlawan
4.1.1  Mampu menceritakan pengalaman mereka meneladani sikap pahlawan

Bahasa Indonesia  
Kompetensi Dasar
1.2. Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan Yang Maha Esa akan keberadaan lingkungan dan sumber daya alam ,alat teknologimodern dan tradisional ,perkembangan teknologi, energi serta permasalahan sosial.
2.5.Memiliki perilaku jujur dan santun terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu Budha di Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia..
3.5.Menggali informasi dari teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu Budha di Indonesia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.5.Mengolah dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu–Budha di Indonesia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator
3.5.1. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks.
4.5.1. Memberikan pendapat dari teks yang dibacanya.

PPKN
Kompetensi Dasar
 1.2.Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah,sekolah dan masyarakat sekitar.
2.3. Menunjukan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
3.2. Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
4.2. Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
Indikator
3.2.1.Menyebutkan perjuangan yang dilakukan oleh orang sekitar.
3.2.2.Mampu menjelaskan nilai-nilai kepahlawanan pada orang-orang di sekitarnya.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.  Setelah mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan nilai-nilai kepahlawanan yang dilakukan oleh seseorang dengan benar.
2.  Setelah mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan nilai-nilai kepahlawanan yang dilakukan oleh seseorang dengan benar.
3.      Setelah membaca teks, siswa mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teka dengan benar.
4.      Setelah membaca teka, siswa mampu memberikan pendapat sikap kepahlawanan.
5.  Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan nilai-nilai pahlawan yang patut dipelajari dengan tepat.
6.  Setelah berdiskusi dan mempelajari hal-hal tentang kepahlawanan, siswa mampu membuat cerita tentang pengalamannya meneladani sikap-sikap kepahlawanan dengan detail.

D.    Materi Pembelajaran
      1) Nilai-nilai kepahlawanan pemadam kebakaran dan petugas polisi.
      2) Teks bacaan tentang “Kakek Penyelamat Lingkungan Tanpa Pamrih”.
      3) Nilai-nilai pahlawan yang patut dipelajari.
      4) Sikap-sikap kepahlawanan yang patut diteladani.

E.  Model, Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan                      : Scientific.
Model Pembelajaran        : Example Non Example
Metode                             : Ceramah, tanya jawab eksperimen, berdiskusi, tugas.

F.  Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.  Media dan Alat :
Gambar pemadam kebakaran, sukarelawan, polisi.
2.  Sumber
Afriki dkk, 2014, Buku Siswa tema 5 Pahlawanku”, sub tema “Sikap Kepahlawanan”, Buku Kurikulum 2013, Jakarta, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Mengucapkan salam dan berdoa
2.    Mengecek kehadiran peserta didik
3.    Apersepsi : Tanya jawab tentang arti pahlawan.
4.    Memotivasi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
1.      Siswa mengamati beberapa gambar tentang pemadam kebakaran, sukarelawan, dan polisi. (Mengamati)
2.      Siswa memberikan pendapat tentang hal yang mereka lakukan dan apakah mereka bisa dikatakan sebagai pahlawan. (Menalar)
3.      Siswa membaca teks tentang kakek penyelamat lingkungan tanpa pamrih. (Mengumpulkan informasi)
4.      Siswa menuliskan hal-hal yang dilakukan oleh kakek Juhari.(Mengkomunikasikan)
5.      Siswa menuliskan pendapat mereka tentang apakah kakek Juhaeri bisa disebut sebagai pahlawan. (Mengkomunikasikan)
6.      Guru menguatkan bahwa setiap orang bisa menjadi pahlawan Kakek Juhaeri melakukan hal yang berguna untuk lingkungannya,
7.      Siswa menggambarkan diri mereka bahwa mereka adalah pahlawan (Mengkomunikasikan)
8.      Siswa menuliskan sikap sehari-hari yang menunjukkan nilai-nilai kepahlawanan (Mengkomunikasikan)
9.      Guru meminta siswa menceritakan pengalamannya secara detail menggunakan kalimat lengkap (Mengkomunikasikan)
10.  Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa (Mengkomunikasikan)
150 menit
Penutup
1.      Siswa mencatat kesimpulan / hasil diskusi.
2.      Siswa melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan.
3.      Melakukan penilaian hasil belajar.
4.      Salam dan do’a penutup.
15 menit

H.  Penilaian
1.   Teknik Penilaian
a.       Penilaian Sikap                     :Tanggung jawab,disiplin.peduli
b.      Penilaian Pengetahuan          : Tertulis
c.       Penilaian Keterampilan         :  Portofolio
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a.         Lembar Penilaian Sikap
No
Nama Peserta didik
Sikap
dDisiplin
Peduli
Tanggungjawab
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.













2.













3.













Keterangan :
1.      Tidak pernah ditunjukan.
2.      Kadang – kadang ditunjukan
3.      Sering ditunjukan
4.      Selalu ditunjukan
Berilah dengan tanda centang ( v ) pada kolom yang sesuai

b.         Lembar Kerja Bahasa Indonesia dan IPS (Terlampir)
c.         Lembar Kerja PPKN (Terlampir)

Mengetahui,
Kepala SDN .........................                                                  Guru Kelas IV


...............................................                                                .................................        NIP. .......................................                                        NIP........................................

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

Blog Archive