Wednesday, October 19, 2016

Cara "Konfirmasi Selesai" tanpa menggunakan "Tukar Pengguna" untuk Peserta Didik pada Aplikasi PMP 1.4 Tahun 2016


Cara "Konfirmasi Selesai" tanpa menggunakan "Tukar Pengguna" untuk Peserta Didik pada Aplikasi PMP 1.4 Tahun 2016 - Aplikasi PMP 1.4 sudah mengalami banyak pembaruan, diantaranya adalah mengenai pengisian kuesioner bagi Komite Sekolah sudah tidak ada kendala karena sebelumnya muncul pengisian belum 100% menjadikan data tidak valid karena pada kuesioner C tidak muncul.

Sedangkan pada Verifikasi & Kirim Data versi 1.3 tidak dapat muncul akibat jumlah kuesioner pada Peserta Didik kelebihan yang awalnya ditentukan pada aplikasi PMP 1.3 hanya 12 anak cukup sedangkan informasi yang berkembang adalah 10 anak/kelas dan diambil kelas atas (4,5,6) jadi total adalah 30 anak.

Ini mengenai jumlah pengisian kuesioner yang benar sesuai dengan Aplikasi PMP 1.4, berikut:
1. Kepala Sekolah : 1
2. Pengawas Sekolah : 1
3. Komite Sekolah : 6
4. Peserta Didik : 10/kelas atau 30 anak
5. PTK : 6 guru kelas

Itu adalah jumlah pengisian kuesioner untuk Aplikasi PMP 1.4, sekarang pertanyaannya adalah dengan adanya upgrade 1.3 menjadi 1.4 menjadikan tombol "Konfirmasi Selesai" yang bermanfaat untuk mensubmit bahwa Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Komite Sekolah, PTK, dan Peserta Didik sudah mengisi kuesioner atau semua jawaban sehingga masuk ke Verifikasi & Kirim Data.

Baca Juga : Manfaat "Konfirmasi Selesai" Pada Label Aplikasi PMP 1.4 Tahun 2016

Setelah membaca artikel diatas manfaat Konfirmasi, sekarang anda pasti akan melakukan Konfirmasi Selesai untuk setiap kuesioner yang sudah dikerjakan pada Aplikasi PMP 1.3. Hal ini yang membuat banyak operator harus double kerjaan karena dengan sistem Konfirmasi Selesai menjadikan kita mengulang login setiap masing-masing kuesioner.

Jika untuk Kuesioner Kepala Sekolah adalah login Operator sangat mudah sekali untuk Konfirmasi Selesai, juga pada pengawas kita harus login di beranda Pengawas tinggal klik Konfirmasi Selesai dan beres.

Termasuk juga pada Komite Sekolah dan PTK sangat mudah tinggal masuk ke satu-persatu dari akun Komite dan PTK dan klik tombol Konfirmasi Selesai.

Sekarang pertanyaannya adalah "Bagaimana dengan Peserta Didik untuk Melakukan Konfirmasi Selesai?"

Ternyata kali ini ada solusi mengenai "Tukar Pengguna" pada Aplikasi PMP 1.4 dan belum banyak orang menggunakan cara ini di Aplikasi PMP 1.4.

Misalkan disini kita memiliki 900 Peserta Didik, pastinya namanya ngacak dan tidak pasti ada nama anaknya di bagian atas, pasti nama anak diacak. Kalo secara manual pasti anda akan mencari nama anak satu-persatu. Dan akan menyebabkan pembengkakan waktu sehingga kita menjadi bosan dan malas mengerjakan PMP.

Begini Solusinya supaya anda cepat mengerjakan untuk "Konfirmasi Selesai" tanpa menggunakan cara "Tukar Pengguna" untuk Peserta Didik.

Sekarang anda masuk ke Aplikasi PMP, cari:
1. Verifikasi & Kirim Data, setelah ketemu klik Peserta Didik

2. Atau bisa juga dengan anda melakukan unduh Peserta Didik pada tombol kiri atas

3. Setelah berhasil di Unduh dari laman Peserta Didik, cari nama anak yang sudah mengisi kuesioner dengan mencopy NISN dari siswa sudah pernah mengisi kuesioner begitupun bagi Peserta Didik yang akan mengisi Kuesioner dengan cara mencopy NISN Peserta Didik tersebut agar data cepat ditemukan tanpa mencari di Tukar Pengguna yang memakan banyak waktu.

4. Jika sudah punya NISN anak yang akan di Konfirmasi Selesai/yang baru akan mengisi kuesioner, sekarang kita keluar dulu pada login Operator karena nanti kita login menggunakan NISN dari siswa tersebut, caranya yaitu dengan,

5. Contoh misalnya nama Peserta Didik dari SDN Tambaharjo, sudah mengisi kuesioner dan belum konfirmasi selesai, "Aldi Dwi Saputra" dan NISN "0062039147",

6. Sekarang ke login awal PMP, masukkan username dengan NISN siswa tersebut juga pada password dengan menggunakan NISN Peserta Didik

7. Sekarang sudah masuk dan jika anda ingin mengisi kuesioner silahkan isi seperti biasa, namun jika anda hanya akan mengklik tanda "Konfirmasi Selesai" silahkan klik pada label sebelah kiri, jika sudah selesai keluar dan lakukan pada semua Peserta Didik yang akan kita isi kuesioner maupun Konfirmasi Selesai.

Artikel ini berdasarkan dengan yang tertera pada Aplikasi PMP 1.4 Tahun 2016 pada Menu Tukar Pengguna Peserta Didik bagian bawah,
Perhatian: Data peserta didik yang ditampilkan adalah:
  • peserta didik yang telah terdaftar di sekolah
  • telah terpetakan ke dalam rombel kelas di dalam dapodik
  • telah memiliki NISN

  • Username PD adalah NISN yang tersedia di aplikasi dapodik
  • Password PD adalah NISN yang tersedia di aplikasi dapodik

Bagaimana menurut anda, apakah informasi mengenai "Cara "Konfirmasi Selesai" tanpa menggunakan "Tukar Pengguna" untuk Peserta Didik pada Aplikasi PMP 1.4 Tahun 2016", bermanfaat? Jika ya silahkan share artikel ini dan jangan lupa sertakan saran dan kritik supaya blog ini berkembang. Terima kasih atas kunjungannya...

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact