Wednesday, October 12, 2016

Cara Cepat Memunculkan NISN di Aplikasi Dapodik Tanpa Input Satu-Persatu

Posted by Blogger Name. Category: , ,

Cara Cepat Memunculkan NISN di Aplikasi Dapodik Tanpa Input Satu-Persatu - Sore sahabat operator, kali ini saya kembali aktif dan segera melakukan penyegaran terhadap postingan saya yang sering bolong. Berbicara mengenai postingan sebenarnya saya tidak mengerjakan pada 1 blog ini saja namun saya mengerjakan pada banyak blog lain sehingga menjadikan saya jarang upload postingan di blog ini. Meskipun temanya berbeda-beda namun untuk kembali lagi ke blog ini membutuhkan materi yang sesuai dengan keadaan di Sekolah.

Saat ini sedang gencar-gencarnya mengenai PMP dan Dapodik karena sebentar lagi pencairan Tri III untuk Guru yang memiliki tunjangan profesi, meskipun belum beredar kabar namun sudah tampak jelas di wajah-wajah guru Sertifikasi.

Oh ya mengenai PMP, di tempat saya kesepakatan bersama bersama dengan operator kecamatan dan K3S yang memberikan honor bagi operator yang menginput hasil PMP sampai dengan pengiriman progress selesai akan mendapatkan honor tambahan sebesar Rp. 300.000,- dipotong untuk amal.

Bagaimana dengan hasil honor penginputan PMP di tempat masing-masing?

Kembali ke topik yaitu mengenai masalah NISN, untuk lebih jelasnya mengenai NISN bahwa sebenarnya sudah lama, namun saya baru sempat sekarang untuk memberitahu bahwa NISN sekarang sudah muncul terutama untuk Kelas 1 SD.

Anda bisa mengeceknya di Verval PD pada Google atau anda bisa melalui klik LINK INI dengan memasukkan email+password sekolah lalu cek di Referensi.

Setelah muncul maka NISN kelas 1 akan jelas dan anda tinggal menuju ke Aplikasi Dapodik anda, berikut langkah lengkapnya:
1. Aplikasi Dapodik masuk dan menuju ke Peserta Didik cari kelas 1 SD

2. Masuk ke Sinkronisasi, jika muncul cek per tabel silahkan klik validasi satu persatu agar tidak terjadi invalid, namun jika hanya warning biarkan saja asalkan bukan data penting, biasanya warning pada jumlah rombel peserta didik kurang dari 20.

3. Klik Sinkronisasi, pastikan sudah muncul tulisan connect pada bagian atas



Selesai syncronisasi


4. Setelah selesai syncronisasi, silahkan cek tabel dibawah maka akan ada perubahan, pada tabel muncul perubahan penambahan data yang masuk ke lokal sebanyak 17 Anak dan lain-lain.

5. Sekarang kita buka Peserta Didik,

6. Perubahan Kolom NISN, jika belum muncul silahkan klik F5 atau Refresh komputer anda
Sebelum


Sesudah



7. Jika sudah keluar semua, sekarang yang perlu anda lakukan adalah mengecek apakah data siswa kelas 1 yang baru sesuai dengan data di Akte Kelahiran, jika ada perubahan data silahkan lakukan cara ini.

Baca Juga : Panduan Proses Validasi NISN Kelas 1 SD

Selamat mencoba dan jangan malu bertanya...

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact