Wednesday, September 7, 2016

Tahapan dan Solusi Mengerjakan PMP


Tahapan dan Solusi Mengerjakan PMP - Mengerjakan PMP tidak seperti yang saya kira, saya pikir hanya membutuhkan waktu sedikit, namun kenyataannya membutuhkan waktu yang sangat lama.

Awal saya mengerjakan untuk 1 PTK bisa menghabiskan waktu berkisar antara 2.5 - 3 jam itupun belum menyelesaikan kendala yang sering muncul terutama ada masalah pada pengisian kuesioner bagi PTK yang wajib diisi 100% serta ada beberapa masalah di kuesioner "C".

Sebelum menghadapi masalah tadi saya melakukan login terlebih dahulu bisa dikerjakan secara offline dan usahakan sudah melakukan update ke versi 1.3 yang bisa anda download pada artikel DISINI.

Jika sudah melakukan update selanjutnya yang anda lakukan adalah login, simak berikut cara kita mengerjakan PMP dari tahap login sampai selesai 1 PTK.
1. Login PMP (bisa offline) pakai browser yang tidak lelet (saya sarankan Google Chrome) kalo adanya Firefox tidak masalah

2. Untuk memasukkan PTK misal saya memasukkan PTK yang bernama SUNARTI (sambil memegang kuesioner PTK yang akan dientry). Cari "Tukar Pengguna" selanjutnya pada menu Tukar klik panah kebawah akan muncul nama PTK. (SUNARTI)



3. Setelah klik Tukar maka akan muncul nama PTK pada Beranda awal yang tadinya adalah nama Operator.

sebelum dan sesudah ditukar pengguna

4. Cara pengerjaan adalah jika muncul lingkaran anda hanya dapat menjawab 1 lingkaran, namun jika muncul bentuk kotak anda bisa menjawab lebih dari 1 jawaban.

5. Langsung menuju ke Kuesioner A1 - A7 (disini tidak ada masalah)
Cara pengerjaan di A1 biasanya baru muncul nomor 1-15 anda klik "Simpan Jawaban" supaya jawaban bawahnya muncul, jika sudah klik "Simpan Jawaban" maka pertanyaan selanjutnya baru akan muncul dibawahnya lagi, begitu seterusnya.

6. Kuesioner B1-B8 (tidak ada masalah)
Cara pengerjaan di B1 biasanya baru muncul nomor 1-20 anda klik "Simpan Jawaban" supaya jawaban bawahnya muncul, jika sudah klik "Simpan Jawaban" maka pertanyaan selanjutnya baru akan muncul dibawahnya lagi, begitu seterusnya.

7. Kuesioner C1-C19 (disini mulai ada masalah)

"Solusi Error Tidak Muncul Simpan Jawaban pada Aplikasi PMP 1.3"


8. Kuesioner D1-D6 (tidak ada masalah, hanya banyak pertanyaan berbentuk kotak yang artinya boleh dijawab lebih dari 1 kali)
9. Kuesioner E1 hanya sampai 11 pertanyaan (mudah dikerjakan)
10. Kuesioner F1-F19 (yang paling panjang)
11. Setelah selesai anda klik "Verifikasi dan Kirim Data", pada sisi kiri nanti akan muncul berapa persen kita mengerjakan kuesioner, jika belum 100% akan terjadi eror, maka kita harus mengerjakan 100%. Banyak yang terjadi masalah karena saking banyaknya yang harus diisi, terutama pada Kuesioner B-F.

12. Total soal per PTK adalah 496, jika anda masih kurang atau misalnya baru mengerjakan 494 atau dalam persennya adalah 96.40% maka anda masih kurang. Kalo kita mengulang lagi dari awal bisa membuat kita pusing, ada cara cepatnya,

"Solusi Mengecek Data Yang Belum di Centang"



13. Jika sudah semua dan muncul 100% dan pengisian total kuesioner per 1 PTk adalah 496 maka anda tinggal melanjutkan ke PTK selanjutnya dengan mengklik menu "Tukar Pengguna" dan lakukan seperti poin 2.

Bagaimana anda masih bingung, saya nanti malam akan release videonya, karena paketan siang sudah habis maklum Operator Kere (Tidak punya tunjangan lebih). Selemat mencoba dan jangan lupa share yahhhh...!!!

3 comments:

fabi fratodi said...

Thankz informasi y sangat membantu

Unknown said...

Untuk mengisi kuesioner pengawas, komite caranya gmana ya,,,

SDN TAMBAHARJO said...

mengisi kuesioner pengawas dan komite caranya dengan klik menu tambah, nanti akan ditanyakan Nama Ibu dan email. Persis sama dengan penambahan data PTK baru di dapodik

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact