Tuesday, August 23, 2016

Perbedaan Warning dan Invalid Pada Aplikasi Dapodik V.2016

Posted by Blogger Name. Category: , ,

Perbedaan Warning dan Invalid Pada Aplikasi Dapodik V.2016 - Sebelum saya membahas mengenai PMP, terlebih dulu saya menjelaskan mengenai tanda baca pada Aplikasi Dapodik. Karena masih ada teman-teman OPS yang bingung dengan 2 tanda yang di munculkan oleh Aplikasi Dapodik V.2016.

Kali ini 2 tanda ini berada pada menu Validasi yang didalamnya terdapat sub menu yaitu Sekolah, Sarpras, peserta didik, PTK, Rombongan belajar, dan pembelajaran.

Awal masuk kita mengklik Validasi maka akan ada perintah suruh untuk membuka semua tabulasi agar muncul dengan jelas submenu mana yang masih terkena tanda warning dan invalid.

Sekarang kita bahas mengenai perbedaan Warning dan Invalid:

No
Warning
Invalid
1.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Warning berarti memperingati
Sedangkan Invalid dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti “cedera/cacat

2.
Dari makna memperingati berarti masih bisa di lakukan
Sedangkan kata cedera/cacat berarti harus diganti

3.
Dalam Aplikasi Dapodik jika ada tanda Warning berarti masih bisa di betulkan/diisi dengan benar/bisa juga mengisi data secara lengkap


Seperti kasus pada Jumlah Rombel, jika rombel di sekolah anda kurang dari 20 anak maka di Aplikasi Dapodik muncul tanda warning.
Sedangkan jika pada Aplikasi Dapodik muncul keterangan Invalid maka kita wajib mengganti asalkan memang sesuai dengan keadaan sekolah kita pada Aplikasi Dapodik.



Sedangkan jika muncul tanda Invalid maka kita harus merubah/mengganti/mengisi data dengan benar.

Jelasnya adalah jika kita membuka ada tanda warning pada "Rombongan Belajar", maka kita klik submenu pada Rombongan belajar, nanti dibawahnya akan ada keterangan mengenai apa yang mendapatkan peringatan sehingga kita masih bisa mengganti atau jika sudah sesuai dengan kenyataan jumlah siswa kurang dari 20 biarkan saja.

Kesimpulannya adalah jika muncul tanda Warning kita masih bisa melakukan Syncronisasi, namun jika muncul tanda Invalid maka kita wajib untuk mengganti/merubah/mengisi secara lengkap kolom yang masih kosong.

Selamat mencoba, jika masih ada pertanyaan silahkan lakukan komentar pada FB : https://www.facebook.com/sdntambaharjo654/

Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact