Friday, July 15, 2016

Format Penghitungan Nilai Rata-rata Raport dan Ujian Sekolah Menggunakan Excel


Format Penghitungan Nilai Rata-rata Raport dan Ujian Sekolah Menggunakan Excel - Sore teman-teman sekalian, sebelum saya memulai cerita malam hari ini saya mengucapkan Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin. Maafkan kesalahan saya baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Semoga ditahun ini kita semua diberi kesehatan dan keselamatan amin...

Yang pertama kali akan saya lakukan adalah membagikan format ijazah sekarang berbeda dengan model sebelumnya.

Walaupun saya sekarang kurang aktif dalam masalah Operator namun sudah banyak pengalaman mengenai nilai ijazah yang berbeda dengan sebelumnya.

Lihat dibawah ini adalah perbandingan ijazah tahun 2014/2015 dan ijazah tahun 2015/2016:

2014/2015


2015/2016



Apa yang menjadi perbandingan diantara format kedua ijazah diatas, perbedaannya yang akan saya bagikan adalah pada kolom format nilai.

NO
Ijazah Tahun 2014/2015
Ijazah Tahun 2015/2016
1.
Nilai Raport 7,15
Maksudnya adalah perbandingan pada 2  digit dibelakang koma
Nilai raport 71,5
Maksudnya sekarang menggunakan puluhan dengan 1 digit dibelakang koma

2.
Penggunaan penghargaan Nilai Raport 40% dan Ujian Sekolah 60%
Nilai murni tidak ada nilai penghargaan (menggunakan rata-rata raport)

3.
Nilai semester dari 7-11 (dari kelas 4 semester 1 sampai kelas 6 semester 1)
Nilai semester 7-12 (dari kelas 4 semester 1 sampai kelas 6 semester 2)

4.
Kolom untuk nilai ada 3 yaitu (rata-rata raport, nilai ujian sekolah, nilai sekolah)
Kolom untuk nilai berjumlah hanya 2 yaitu (nilai rata-rata raport dan Nilai Ujian Sekolah Murni yang 3 mapel)



Untuk itu perlu dicermati sesuai dengan Juknis Penulisan Ijazah Tahun 2015/2016 yang bisa anda download 

DISINI

Saya juga menambahkan format penghitungan untuk pengisian ijazah menurut "Nilai Rata-rata Raport dan Ujian Sekolah Menggunakan Excel" sehingga mempermudah dalam mengerjakannya.

Maaf jika dalam format excel yang saya masih banyak kekurangan karena saya juga masih dalam tahap belajar untuk membuatnya lebih baik.

Akan saya jelaskan mengenai format excel semi otomatis ini, yang jelas semua format sudah saya buat dengan keadaan siswa dan tanpa merubah nilai yang sebenarnya terutama untuk ketiga mapel utama karena memang soal kelulusan adalah tergantung dari Sekolah.


Keterangan:
1. Isi Identitas siswa, maaf ini saya isi manual karena kekurangan waktu jadi anda tinggal tambahkan sendiri saja dengan mengcopy semua/memblok supaya dapat di pastekan dibawahnya.
2. Isi nilai raport dari semester 7-12 (maksudnya dari nilai raport kelas 4 semester 1 sampai dengan kelas 6 semester 2) untuk yang kurtilas bisa menyesuaikan dengan kebijakan sekolah misal nilai di kurtilas B+ berarti kisaran nilai anak adalah 80 keatas.
3. Nilai rata-rata raport dimasukkan ke dalam kolom pertama pada ijazah.
4. Hasil Nilai Ujian Sekolah misalnya adalah Mapel PAI, PKn, IPS, Mulok (Jawa dan Inggris).
5. Nilai murni Ujian Sekolah 3 Mapel (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA).
6. Nilai ujian praktek (pada kolom mapel Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dikosongi karena nanti akan ada format untuk nilai ujian praktek Bahasa Indonesia dan IPA dalam 1 blanko seperti pada SKHU.
7. Nilai Ujian Sekolah murni.
8. KKM (Ketuntasan Minimal) yang menandakan siswa/i tersebut lulus/tidak lulus.
9. Penentuan Lulus/Tidak Lulus karena sudah diedit khusus.
10. Nilai rata-rata dari Raport dan Ujian Sekolah total keseluruhan yang saya beri tanda merah.
11. Mulok masing-masing daerah berbeda-beda.

Baca Juga : Tips dan Trik Agar Mudah Mengisi Ijazah SD Tahun 2015/2016

Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa share jika bermanfaat.

Yang membutuhkan silahkan download dibawah ini

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

Blog Archive