Monday, June 6, 2016

Tanya Jawab Mengenai Kartu Indonesia Pintar

Posted by Blogger Name. Category: ,

Tanya Jawab Mengenai Kartu Indonesia Pintar - Kali ini saya akan membagikan mengenai Kartu Indonesia Pintar (KIP). Banyak teman-teman Operator Sekolah bertanya mengenai Mekanisme Pencairan dan beda data dengan peserta didik dilapangan. Agar lebih syncron ini adalah Tanya Jawab Mengenai Kartu Indonesia Pintar yang langsung dijawab oleh Operator Dinas Kabupaten Kebumen, berikut:

1. Tanya : klo yg dpt kip apa hrs d cairkan pak?ato bgmna?
    Jawab : Mekanismenya masih sama spt tahun 2015. Dari Siswa - ke Sekolah/Ops(input data dapodik) - verifikasi data kemdikbud(data BDT TNP2K) -penetapan SK penerima+Kode VA rekening - dinas Pend prov/kab/kota-sekolah/Ops -siswa.

2. Tanya : data PIP dr desa tdk singkron artinya bukan orang tuanya malah kakeknya di kartu PIP, sedangkan di KK masuk KK orang tua, coba gmn mmt kan?
    Jawab : itu tugase sekolah utk verifikasi kondisi lapangan. Btul tinggal dng wali nya atau ortu nya. Krn byk kondisi ikut mbah/wali tp blm di update ke KK walinya data anaknya

3. Tanya : berarti mulai thn ajrn br ya bos verifikasinya?
    Jawab : Taun ajaran baru 2016/2017 termasuk updating kartu KIP ke dapodik nggih..

4. Tanya : mas, kemaren ada salah satu ops yg tanya, ortu datang ke sekolah bawa KIP, katanya minta didaftarkan, apa ini yg dimaksud dientrykan ke dapodik ya? kalau iya, dientrykannya nunggu tahun ajaran baru atau bisa di entrykan sekarang? bagaimana jika isiannya sudah diisi nomer KPS, apa bisa diberi / untuk ditambahkan nomer KIPnya?
    Jawab : Dientrikan skr jg bs.. tp lbh baik ditunggu dapodik versi baru kalau2 kolom isian Kartu Indonesia pintar sdh ada tersendiri atau ada perbedaan cara pengisian.

5. Tanya : bisa nggak setelah nomor KPS diberi / lalu diisi nomer KIP?
    Jawab : Kalau dari informasi yg saya baca diganti dng isian KIP, bukan ditmbahkan dng garing /

6. Tanya : berarti nomer KPS dihapus kemudian diisikan nomer KIP ya? soale ini ada salah satu sekolah yg bingung karena banyak ortu yg datang ke sekolah minta didaftarkan KIPnya, tapi opsnya gak tau suruh ndaftarin ke mana?
    Jawab : Kalo boleh sy sarankan, Lebih baik dikmpulkan dahulu data pemilik KIP dan FC KIP diperbesar. Data diupdate skligus di dapodik versi baru TA 2016/17.

7. Tanya : FC KIP diperbesar brapa persen kira2?
    Jawab : Sekira2 bs terbaca jelas NO KIP dan NO pd kode barcode KIP

8. Tanya : kalau siswa punya KIP sudah duduk di kelas 9 sekarang.... baru mengumpulkan KIP 2 hari lalu, sebelumnya anak tersebut tidak memiliki KPS/PKH/KKS... apakah harus segera diinputkan ke dapodik mas? atau tidak perlu karena sudah kelas 9...?
    Jawab : Kelas 9 yg kmrn 2015 dapet PIP nda? Langsung diisikan boleh... Update isian KIP di tahun ajaran baru saja jh boleh.

9. Tanya : kriteria keluarga yang bagimana yang berhak mendaptakan KIP, apakah keluarga yang sudah mendapatkan KIP dan keluarga tersebut mempunyai kendaraan bermotot?
    Jawab : ternyata ada PNS gol 3 yg pnya KPS dan anak nya mempunyai KIP. Atau keluarga dgn penghasilan ortu lebih dari 2 jt bapak ibunya tp masih mempunyai KIP. bukan kewenangan Operator Sekolah yg menentukan. Tp berdasarkan hasil verifikasi dari sekolah, yg nntinya djadikan dasar OPs utk pengisian di dapodik nya.

10. Tanya : Dasar Sekolah untuk menentukan keluarga yang mamu dan tidak mampu itu apa?
    Jawab : Utk memudahkan silahkan diinputkan/update saja semua peserta didik yg sdh memiliki KIP ke dapodikdas. Kalau dasar penetapan bs dtanyakan ke desa. Kalau tdk salah penetapan keluarga kurang mampu sdh ada penetapan per desa. *informasi dari UPT P2K. Informasi mengenai teknis dan kelanjutan, Baca poin 6 yg tertera disurat terlampir

11. Tanya : untuk anak yang tidak punya KIP tetapi mampunyai kartu kps dan kks... bagaimana yah pak?
    Jawab : Utk data pemilik kps dan KKS yg blm punya KIP. Silahkan didata di sekolah dan di kirim ke UPTD. Surat/informasi lanjutn ttg mekanismenya ditunggu.

12. Tanya : Mas mohon pencerahannya. kalau sudah memasukkan nomer KPS, apakah diganti dengan Nomer KIP?
    Jawab : Yup. Betul

13. Tanya : Bagaimana jika anak yang mendapatkan KIP sudah lulus SMA/SMK?
    Jawab : Siswa (anak usia sekolah) yang belum atau tidak lagi bersekolah yang datanya telah dapat direkapitulasi pada Semester 2 (TA) 2014/2015

14. Tanya : Katanya siswa madrasah dapat mencairkan KIP, apa benar?
    Jawab : Siswa/santri dari Pondok Pesantren yang memiliki KPS/KKS (khusus untuk BSM Madrasah) melalui jalur FUM

15. Tanya : Berapa jumlah penerimaan untuk semua jenjang sekolah?
    Jawab : Untuk tingkat SD/MI adalah sebesar Rp225.000/semester (Rp450.000 per tahun), tingkat SMP/MTs Rp375.000/semester (Rp750.000 per tahun) dan tingkat SMA/SMK/MA sebesar Rp500.000/semester (Rp1.000.000 per tahun). Untuk siswa yang akan lulus (kelas 6, 9 dan kelas 12) hanya menerima manfaat untuk 1 semester saja

16. Tanya : Bagaimana jika KIP/KKS/KPS hilang?
    Jawab : Seperti yang tertera pada bagian belakang kartu, bahwa kartu menjadi tanggung jawab penerima kartu dan harus dijaga dengan baik. Segala kerusakan dan kehilangan kartu menjadi tanggung jawab penerima kartu, dimana kartu yang hilang tidak bisa digantikan.


17. Tanya : Kapan manfaat Program Indonesia Pintar melalui KIP disalurkan?
    Jawab : Manfaat program Indonesia Pintar melalui KIP akan disalurkan dua kali dalam satu tahun. Pembayaran untuk Semester I dilakukan pada bulan Agustus/September dan pembayaran semester II dilakukan pada bulan Maret/April.Kapan manfaat Program Indonesia Pintar melalui KIP disalurkan?

18. Tanya : Untuk apa sajakah bantuan tunai melalui KIP ini dapat digunakan?
    Jawab : Bantuan/dana tunai pendidikan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pendukung biaya pendidikan siswa seperti:
a. Pembelian buku dan alat tulis sekolah
b. Pembelian pakaian/seragam dan alat perlengkapan sekolah (tas, sepatu, dll)
c. Biaya transportasi ke sekolah
d. Uang saku siswa/ iuran bulanan siswa
e. Biaya kursus/les tambahan
f. Keperluan lain yang berkaitan dengan kebutuhan pendidikan di sekolah/madrasah


19. Tanya : Apa saja yang dapat menyebabkan pembatalan pemberian BSM?
    Jawab : Dana BSM dapat dibatalkan jika siswa penerima BSM:
a. Berhenti sekolah
b. Menerima beasiswa dari instansi/sumber lain
c. Telah didakwa dan terbukti melakukan tindakan criminal
d. Mengundurkan diri
e. Tidak lagi masuk dalam kriteria siswa miskin

20. Tanya : 
    Jawab : 

Sementara diatas dulu lainnya jika ada pertanyaan dapat menyusul, terima kasih.

3 comments:

Ariel Hartono said...

Mengatasi perbedaan nama antara nama di data dapodik dengan yang ada di kartu KIP gmn

Ariel Hartono said...

KALAU ADA PERBEDAAN NAMA ANTARA DATA DAPODIK DENGAN KARTU KIP DATA YANG MANA YANG HARUS KITA AMBIL

SDN TAMBAHARJO said...

Maaf sebelumnya,
Nama dari KIP diambil dari TNP2TK/Dinas Sosial
sedangkan Dapodik dari Akte Kelahiran Anak
Jadi gunakan data dapodik dengan mengusulkan kembali data yang benar, formatnya bisa anda download pada artikel ini http://goo.gl/7ySxox

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact