Thursday, April 7, 2016

Cara Mengatasi Status Akreditasi Tidak Terisi di Aplikasi Dapodik


Cara Mengatasi Status Akreditasi Tidak Terisi di Aplikasi Dapodik - Siang ini saya jadwalnya bukan update di blog SDN Tambaharjo. Karena saya harus mengisi artikel pada blog lain yang akan saya share setiap paginya. Tadi saat di kantor UPTD Adimulyo ada teman Operator yaitu Mba Ade Request mengenai Akreditas yang tidak terisi pada Aplikasi Dapodik. Oleh karena itu saya coba memberikan gambaran sedikit ilustrasi mengenai Solusi Akreditasi Tidak Terisi pada Aplikasi Dapodikdas.

Bicara mengenai Akreditasi, untuk semua jenjang wajib memiliki, apabila tidak isi dapat menyebabkan data tidak valid meskipun sebenarnya kita punya SK Penilaian yang diberikan oleh BAN-SM (Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah).

Pasalnya pada Aplikasi Dapodikdas di menu Sekolah kolom tidak bisa ditambahkan malah menyebabkan error dan menjadikan Aplikasi Dapodikdas kita trouble. Bahkan beberapa menyarankan untuk melakukan sinkronisasi berulang-ulang pada Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.1 yang terbaru saat ini.

Meskipun begitu saya akan mencoba mengakali Bagaimana Cara Mengatasi Status Akreditasi Tidak Terisi di Aplikasi Dapodikdas 2015, berikut ini:
1. Cek dahulu http://bansm.or.id/
2. Kemudian klik jenjang tinggal pilih Data SD/MI Belum Akreditasi atau Data SD/MI Sudah Akreditasi, kalau saya sih pilih sudah Akreditasi

3. Langsung cari nama SD anda dengan kata kunci misal SD saya adalah "tambaharjo", maka akan muncul dengan file name SDN Tambaharjo Nilai 80 Akreditasi B, ini menunjukkan di Aplikasi Dapodikdas terinput otomatis sehingga memang SDN Tambaharjo bebas dari masalah "Akreditas Tidak Terisi" dan sesuai reques sesama OPS tadi dari SDN Pekuwon bahwa pada Aplikasi Dapodikdas milik SD nya Tidak Terisi, alhasil memang muncul tulisan "No matching records found"
Aman

Perlu VervalSP

Pertanyaannya sekarang adalah, Bagaimana cara kita bisa masuk ke VervalSP, tenang saja gunakan login sama dengan VervalGTK tapi yang perlu anda siapkan adalah SK Penilaian asli dari BAN-SM (Badan Akreditas Nasional Sekolah Madrasah). Gunanya adalah untuk memvalidasi data anda apakah benar bahwa data penilaian/SK dari BAN-SM asli. Jadi anda perlu melakukan scan pada SK BAN-SM ukuran file tidak boleh melebihi 1 MB.

4. Untuk login pada VervalSP klik link ini http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/verval/

5. Setelah masuk, cari Beranda ada disebelah atas kiri berbentuk kotak

6. Klik Menu ---> Pengelolaan ---> Perbaikan Akreditasi

7. Upload File Max Size 1Mb dalam bentuk PDF File

Jika sudah diupload jangan lupa klik Simpan supaya data terkirim secara otomatis ke BAN-SM paling lama menunggu 3-7 hari atau lebih soalnya saya belum pernah mengalaminya, lalu lakukan syncronisasi pada Aplikasi Dapodikdas anda, jika berhasil "SELAMAT".

Selanjutnya jangan lupa Klik Log Out, agar data aman,
Kalo anda bingung seperti apa Sertifikat Akreditasi, ini saya dapat gambar dai Google.
Gambar Ilustrasi
Bagaimana cara scan Sertifikat Akreditas dan menghasilkan File berupa PDF, cek tutorial menganai Scan Ijazah dan SK lainnya DISINI

Sukses akhirnya dan jangan lupa bagikan artikel ini jika anda anggap menarik dan bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact