Monday, January 18, 2016

Solusi Guru Mutasi/Tambahan Jam pada Aplikasi Dapodikdas V4.1.0 Tahun 2016

Posted by Blogger Name. Category: , ,

Solusi Guru Mutasi/Tambahan Jam pada Aplikasi Dapodikdas V4.1.0 Tahun 2016 - Materi kali ini adalah yang paling masih membuat saya kebingungan. Berhubung ditempat saya ada 2 PTK baru pindahan dari SD sebetulnya sih masih 1 kecematan, tapi belum ada koordinasi dengan sekolah yang pindah dan dipindaih.

Saat saya akan input data guru terbaru pada menu "PTK" yang ada di Aplikasi Dapodikdas V4.1.0 muncul tabel yang berbunyi seperti ini


Dari situ saya mulai berpikir keras, ada kata penambahan PTK baru bisa menggunakan fitur "Tarik PTK Online" melalui website dapodikdas tanpa input ulang PTK tersebut. Dalam benak saya, mungkin ini solusi kita mindahin data tanpa input ulang. (sayangnya belum ada sosialisasi, saya nekat saja lah coba 1 PTK karena memang anjuran dari Dapodik seperti itu berarti kan tidak salah).

Akhirnya saya klik tuh website dapodikdas, belum nemu apa maksudnya, akhirnya saya coba untuk mendalami dan mencari apa itu "Tarik PTK Online" pada mbah Google. Setelah 1 jam berjalan dari jam 03.00 saya mulai kebingungan, namun akhirnya saya coba cek di laman dapodikdas dan masuk ke beranda sebagai Operator tentunya dengan menggunakan email dan password serta Koreg Dapodikdas.

Akhirnya Alloh menunjukkan jalan kepada saya untuk melakukan "Tarik PTK Online" dengan cepat.

Anda tertarik untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini mengenai "Solusi Guru Mutasi/Tambahan Jam pada Aplikasi Dapodikdas V4.1.0 Tahun 2016", berikut:
1. Masuk ke laman Dapodikdas (klik)
2. Sisi kanan ada Loop lalu klik titik disampingnya klik Login sebagai Operator Sekolah, masukkan email+password+koreg seperti login dapodik anda.
3. Setelah masuk ke Dashboard SD kita (di tempat saya SD Negeri Tambaharjo, Kec. Adimulyo, Kab. Kebumen, Prop. Jawa Tengah)
4. Tepat dibawah nama Kepala Sekolah ada 4 menu yang salah satunya adalah berbunyi "TARIK PTK" seperti ini, klik saja

 5. Muncul Sekolah asal dan Sekolah tujuan
Kosong

setelah diisi

6. Menu bawahnya cari "PTK"
Isi yang mutasi atau mencari jam tambahan dengan cara mengisi
NUPTK ............................. Nama PTK ............................ Ibu Kandung ...............................
Setelah terisi semua klik Cari "PTK"lalu muncul seperti gambar dibawah data nama PTK Asal

Klik Option pada tanda panah berwarna biru

7. Ditempat saya ada 2 PTK yang pindah dari SD lain, bisa dilakukan langsung untuk keduanya, saya coba langsung jalankan prosesnya sama dengan cara diatas.

8. Isi yang mutasi atau mencari jam tambahan dengan cara mengisi
NUPTK ............................. Nama PTK ............................ Ibu Kandung ...............................
Setelah terisi semua klik Cari "PTK"lalu muncul seperti gambar dibawah data nama PTK Asal

Klik Option pada tanda panah berwarna biru

9. Pada bagian menu paling bawah jika data sudah benar selanjutnya klik "Konfirmasi Proses Mutasi"

10. Dan sudah selesai, yang perlu anda lakukan adalah menunggu dan dengan prefill baru di Dapodikdas. Download Prefill disini

Caranya Cek di artikel ini
Baca juga : Solusi Dapodikdas Tidak Menerima BOS di Aplikasi 410 Tahun 2016

Saya sekarang sedang melakukan cek data di laman dapodikdas, apakah sudah masuk apa belum, kalau sudah masuk berarti yang perlu saya lakukan adalah download prefill kembali, namun jika belum tunggu sampai ada konfirmasi melalui laman dapodikdas. Jika masih menunggu lagi terpaksa saya ketik manual (saya coba sendiri tanpa adanya sosialisasi, semoga sukses). Terima kasih sudah berkunjung ke artikel "Solusi Guru Mutasi/Tambahan Jam pada Aplikasi Dapodikdas V4.1.0 Tahun 2016" artikel ini akan saya update untuk mengetahui perkembangan selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

Blog Archive