Friday, January 30, 2015

Cara Cek Sekolah Menggunakan Kurikulum 2013

Sore ini banyak teman-teman OPS mengeluh mengenai syncron yang dilakukan karena patch 303 sudah mulai muncul di laman dapodikas.

Oleh karena itu saya mencari info bagaimana cara untuk mengatasi masalah akibat gagal syncron.
Sekolah tidak bisa melanjutkan kurikulum 2013/ masih KTSP

Pada saat melalukan syncron menggunakan Aplikasi Dapodikdas v302 kebanyakan teman OPS di kecamatan Adimulyo mengalami gagal dengan keterangan menginstal patch 303.

Sedangkan patch 303 itu sendiri menyangkut kurikulum yang akan digunakan oleh dapodikdas.
Ini masalah gagal sync di v302 untuk melanjutkan ke v303 terlebih dahulu

Patch 303 untuk saat ini sangat dianjurkan, karena bisa mengetahui secara langsung, Apakah Sekolah kita termasuk ke dalam Kurikulum 2013 atau KTSP.

Jadi ada baiknya temen2 OPS segera melakukan install patch 303 lalu lakukan syncron jika data sudah benar dan anda akan tahu, Sekolah anda termasuk ke dalam Kurikulum 2013 atau tidak.

Caranya mudah bukan...

Jadi kesimpulannya, jika sekolah anda termasuk mengikuti Kurikulum 2013 maka akan muncul data dari server secara langsung dan muncul tulisan bahwa Sekolah anda melanjutkan Kurikulum 2013.

Berikut gambarnya:

Semoga bermanfaat kawan...

Salam satoe data!!!

Thursday, January 29, 2015

Mobil Impian Operator Sekolah di Tahun 2015

Berbagi informasi mengenai pendidikan sudah biasa, namun berbagi informasi mengenai dunia otomotif di forum pendidikan itu baru luar biasa.

Jarang-jarang kan kita sebagai OPS yang selalu disibukkan oleh pekerjaan setiap hari sebagai OPS selalu lupa dengan yang namanya hiburan, bermimpi boleh saja kawan asalkan jangan sampai ketinggian, bisa-bisa jatuh dehhh...

Berikut saya salin beberapa mobil impian Operator Sekolah di Tahun 2015:
1. Rolls-Royce Ghost II

Sedan mewah berbobot lebih kurang 2,5 ton dengan mesin 6.592 cc, Rolls-Royce Ghost II memiliki catatan pemakaian BBM yang cukup menarik. Pemakaian dalam kotanya diklaim 21,2 liter per 100 km, sementara pemakaian luar kota 9,8 liter per 100 km atau setara satu liter untuk 10 km lebih.
Rolls-Royce Ghost II sendiri punya panjang 5.399 mm, lebar 1.948 mm, dan tinggi 1.550 mm. Sedan yang digerakkan oleh mesin V-12 yang terbagi dalam 48 katup dan mengeluarkan tenaga hingga 563 bhp.

2. Porsche "retro" 911 Tagra

Porsche internasional sendiri menawarkan 911 Tagra dengan pilihan transmisi manual dan PDK atau Porsche Doppelkupplung. Keduanya sama-sama 7-percepatan. Keduanya pun menurut data mengonsumsi 18 mpg untuk dalam kota (19 mpg dengan PDK), sementara di jalur bebas hambahan bisa 26 mpg atau setara 1 liter untuk 11 km.

3. Honda HR-V

Honda HR-V ditawarkan dalam 4 varian, yang terdiri dari tipe 1.5L A M-T Rp 243 juta, 1.5L S M/T Rp 257 juta, 1.5L S CVT Rp 267 juta, 1.5L E CVT Rp 288 juta dan 1.8L Prestige Rp 355 juta.

4. Jeep Wrangler mesin 6.4L

Jeep Wrangler 3.0L V6 Pentastar. Memiliki kapasitas mesin lebih kecil dibanding pendahulunya, mobil ini mampu menghasilkan daya sebesar 230 hp dan torsi 285 Nm. Dengan membayar Rp 350 juta, konsumen bisa pakai mesin 6.4L V8 HEMI di Wrangler mereka.

5. Lamborghini Huracan

Pada mesin kapasitas 5204 cc yang mampu dipacu untuk menembus kecepatan maksimal hingga lebih dari 325 km/jam atau yang setara dengan 202 mph. Akselerasi yang dapat dicapai supercar ini adalah 3.2 detik dari kecepatan 0 hingga 100 km/jam dan 9.9 detik saja untuk dapat mencapai kecepatan 200 km/jam dari posisi berhenti. Lamborghini Huracan dilengkapi juga dengan tipe mesin V10 yang berkapasitas 5.2 liter dan menghasilkan tenaga kuda hingga 449 KW yang dapat anda gunakan dalam 7 transmisi percepatan kopling ganda yang bertitel “Lamborghini Doppia Frizione” hadir dalam gerak semua roda. Konsumsi bensin pada supercar ini sangat boros pada kombinasi 8 km/l namun dengan spesifikasi Lamborghini Huracan untuk sektor dapur pacunya yang dahsyat. Lamborghini Huracan ini di Indonesia dijual dengan harga Rp 8.900.000.000,-.

 6.  Ferrari LaFerrari

Ferrari sejatinya hany membatasi penjualan generasi LaFerrari-nya sebanyak 499 unit saja.
Satu dan yang pertma muncul di pasaran sebelum resmi rilis dijual terletak di SEMCO GmbH, Jerman. Harga originalnya sebenarnya hanya 1,3 Uero atau setara dengan Rp 21,5 miliar. Harga itu diumumkan ketika LaFerrari hadir di pameran akbar Geneva Motor Show.

7.  Toyota Alphard 2015

New Alphard dan Vellfire dikembangkan dengan kualitas ruang kabin luas dan tatanan interior mewah melalui lekukan tubuh cantik yang didasarkan pada fitur Toyota 'luxurious and powerful' eksterior





8. Ford Raptor F-150 2016

Inilah tampang sangar dari sang penggaruk berbagai medan jalanan, Ford Raptor F-150 2016 saat meluncur di Tokyo Auto Salon 2015.  

9. Lamborghini Veneno Roadster

Satu dari 9 unit Lamborghini Veneno Roadster bernilai Rp 57,8 miliar belum lama ini melakukan pendaratan spektakuler di Lamborghini Hong Kong. Tak sekadar merupakan supercar roadster termahal, ia juga salah satu yang terkuat di dunia!

10. Lamborghini Aventador SV 2016

Rangka tubuh aerodinamis dengan sudut-sudut super tajam nan garang membungkus fisik sang raja jalanan, Lamborghini Aventador SV 2016 terbaru yang belum lama ini sukses tertangkap kamera! 

11. Mitsubishi XR-PHEV


Brand yang bermarkas di Minato, Tokyo itu sendiri turut memaparkan bahwa kelak konsep yang dijadwalkan memulai debutnya di event Geneva Motor Show 2015 bulan Maret nanti ini bakal menjadi karya yang terlahir dari kombinasi desain paling mutakhir, motor elektrik bertenaga besar, ramah lingkungan, dinamis dan tentunya atletis.

12. Mitsubishi Lancer Evo X Final


Mulai dari segi dapur pacu 4B11 MIVEC 2.0 liter intercooled turbo exhaust, sistem pengolahan bahan bakar serta software ECU spesial yang telah ditingkatkan kehebatannya oleh HKS menjadi pengolah tenaga utama dari generasi terkuat Mitsubishi Lancer ini.
Selain itu, seperti yang disampaikan oleh Responsejp (10/01), sport suspension HIPERMAX MAX4 SP turut ditambahkan oleh HKS bersanding dengan velg G25 berukuran 19 inch persembahan dari Volk Racing dan dibungkus karet oleh Yokohama Advan.

13. Ford EcoSport



Tak cuma pemain lama seperti brand asal Jepang maupun Eropa dan Amerika saja yang ingin meraup pundi emas di tahun baru ini. Pabrikan dari Negeri Ginseng, Korea yang jarang namanya terdengar di Indonesia, yakni Ssangyong pun ikut membeberkan jawara-jawara barunya. 

14. Toyota Kijang Innova



Grille trapesium adalah satu kemiripan pertama. Dari goresan render cartoq bisa dilihat adanya tiga bilah grille berlaburkan corak krom dan ditambah tiga bilah grille tipis pada bagian bawah. Memakai bentuk trapesium yang sangat mirip, Toyota Highlander sendiri hanya memakai grille tipis  dengan satu bilah lebar. 

15. Honda Civic Type R



Honda menyatakan mobil ini akan menjadi mobil balap jalanan yang sangat ekstrim yang pernah dibangun oleh Honda. Dengan dipersenjatai mesin 2.0 liter VTEC dan diusung teknologi sasis baru, mobil ini mampu memuntahkan tenaga hingga 280 Hp dengan pengerak roda depan serta transmisi manual 6 kecepatan.

16. Toyota RAV4 Business Edition

RAV4 Business Edition untuk pasar Inggris dirilis untuk pasar Inggris ini dibanderol dengan harga 31.430 Euro. Dengan pelek 17 inch, LED daytime running light, sistem audio dengan dukungan empat speaker, kontrol dual zone climate, lampu otomatis dan wiper, cruise control dan chrome tambahan pada trim dibagian bumper depan membaut tampilan RAV4 ini semakin bergengsi. RAV4 Business Edition ini disokong dengan mesin diesel D-4D berkapasitas 2.0 liter yang dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan. Untuk tingkat konsumsi, model ini menghabiskan 4,1 liter/100 km dengan emisi gas buang CO2 127 g/km.

17. Renault Alpine Vision Gran Turismo



Renault luncurkan desain mobil balap Alpine yang di rancang untuk game Gran Turismo. Model ini sudah bisa diunduh dan dimainkan pada game Gran Turismo terbaru. Hal ini merupakan perkenalan kembalinya brand Alpine pada tahun 2016 mendatang.

18. Daihatsu Terios Spirit



Inilah tampilan New Daihatsu Terios Spirit yang akan dipasarkan mulai tahun depan.

19. Lotus Exige S Automatic



Dalam hal performa, mobil ini juga memiliki mesin V6 supercharger 3,5 liter yang memproduksi tenaga 345 hp dengan torsi 400 Nm. Dikombinasi dengan transmisi otomatis, maka akselerasinya (0-100 km/jam) diklaim 3,9 detik saja, sebelum meraih kecepatan 261 km/jam yang menjadi kecepatan puncaknya. Varian coupe ini juga memiliki konsumsi bahan bakar 9,6 liter per 100 km.

20. Mini Cooper



Tenaga yang dihasilkan pun juga berbeda dimana Mini Mooper hanya mampu mengeluarkan tenaga 136 tenaga kuda (Hp) sedangkan Mini Cooper S memiliki tenaga 192 Hp (Horse Power), Torsi Mini Cooper adalah 220 Nm pada 1250 Rpm sedangkan Mini Cooper S adalah 280 Nm pada putaran mesin 1250. Harga Mini Cooper terbaru (generasi 3) ini adalah:
* Mini Cooper S = Rp. 649.000.000,00 (649 juta rupiah)
* Mini Cooper = Rp. 479.000.000



Ferrari

Lamborghini Aventador

Porsche GT

BMW i8

McLaren P1 dan Lamborghini Aventador

Bugatti Veyron Harga Rp. 64 M

Koenigseg Agrera

 disadur dari berbagai sumber

Kelulusan Siswa Tetap Mengacu Ketentuan Standar Nilai Minimum

Meskipun memiliki kewenangan menentukan kelulusan siswa, namun sekolah tetap harus mengacu pada ketentuan nilai standar minimum kelulusan yang ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Dalam ketentuan yang tertuang di prosedur operasi standar (POS) yang segera diterbitkan, untuk dinyatakan lulus, siswa setidaknya memenuhi nilai 5,5 untuk setiap mata pelajaran dan memiliki rata-rata minimal 5,5.

“Nilai akhir itu ditetapkan dari gabungan antara nilai rapor dan nilai ujian sekolah. Nilai inilah yang menjadi syarat kelulusan siswa,” ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan, Kemendikbud, Nizam, di Jakarta, Kamis (29/1).

Menurut Nizam, otonomi penetapan kelulusan siswa menjadi hak sekolah karena selama tiga tahun menempuh pendidikan, guru mengamati dan menilai seluruh kompetensi siswa. Dari sanalah guru kemudian dapat menetapkan apakah siswa tersebut pantas lulus atau belum.

Sebelumnya dalam konferensi pers tentang perubahan kebijakan UN, Jumat (23/1), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan menilai, sekolah dan guru dianggap paling tahu mengenai siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Di sekolah, guru melihat dan menilai secara langsung setiap komponen dalam diri siswa, sehingga penilaian diharapkan dapat lebih objektif.

“Kementerian menyadari, kita tidak bisa menilai mutu layanan pendidikan semata-mata dari satu indikator. UN hanya satu dari sekian banyak indikator dalam standar nasional pendidikan. Dalam konteks evaluasi hasil belajar, UN bukan hanya satu-satunya, tetapi satu dari banyak indikator untuk menilai kinerja layanan pendidikan,” tutur Mendikbud.

sumber: portal kemdikbud

Soal UN Tahun Ini Berbentuk Pilihan Ganda Sumber Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Kepala Pusat Penilaian Pendidikan, Nizam menegaskan bahwa soal ujian nasional (UN) tahun ini masih menggunakan model pilihan ganda. Penegasan ini dilakukan untuk mengklarifikasi pemberitaan di media massa yang menyebut bahwa soal UN tahun ini berbentuk esai.

“Saya mendapat telepon dan SMS dari kepala sekolah, guru, orang tua yang kaget setelah membaca berita bahwa UN 2015 tidak lagi pilihan ganda. Mereka bingung. Jadi saya ingin menyampaikan bahwa UN tahun ini, bentuk-bentuk soalnya masih sama dengan UN tahun-tahun sebelumnya, yaitu pilihan ganda, baik ujian yang berbasis kertas maupun komputer,” kata Nizam dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (29/1).


Ia menjelaskan, ke depan bentuk soal UN memang memungkinkan tidak hanya pilihan ganda, tetapi bisa lebih beragam. Namun kondisi ini hanya dapat dilakukan jika ujian yang diselenggarakan negara tersebut seluruhnya telah berbasis komputer (computer based test/CBT). “Jika menggunakan model (CBT) ini, maka bentuk soal bisa beragam, tidak hanya pilihan ganda, tetapi bisa juga, misalnya dalam bentuk mini esai, mengisi jawaban langsung, menjodohkan, memutar-mutar kalimat, dan lain-lain. Tapi ini masa depan. Tidak ada salahnya masa depan ini disampaikan, karena ini positif,” ungkap Nizam.

Dalam kesempatan yang sama, Nizam juga menyampaikan perkembangan persiapan UN. Ia mengatakan, bahwa seluruh persiapan UN masih sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Saat ini proses pelelangan pencetakan naskah soal telah selesai dan telah terpilih sekitar 15 perusahaan percetakan yang akan segera diumumkan.

“Sekarang juga tengah dipersiapkan lelang untuk materi ujian bahasa inggris bagianlistening comprehension test berupa penggandaan CD. Selain itu, persiapan yang tengah dilakukan adalah cetakan bahan UN untuk siswa berkebutuhan khusus, sehingga semua anak-anak bisa terlayani dengan baik sesuai dengan kondisinya,” jelas Nizam.

sumber: portal kemdikbud

Daftar Istilah di Menu Aplikasi Dapodikdas 2015

Backup
Proses membuat salinan data sebagai cadangan saat terjadi kehilangan atau kerusakan data asli. Salinan data yang dibuat disebut dengan “data backup”. Manfaat dari proses backup diantaranya, mengembalikan kondisi suatu sistem komputer yang mengalami kerusakan atau kehilangan data, mengembalikan suatu file yang tanpa sengaja terhapus atau juga rusak.
 
Blockgrant
Pemberian bantuan dana untuk melaksanakan suatu kegiatan tertentu, baik dalam bidang pendidikan, pembangunan sosial politik, hukum atau pembangunan aspek lainnya dengan tujuan untuk mempercepat laju pembangunan.
Dapodikdas
Data pokok pendidikan dasar; Aplikasi data pendidikan yang digunakan untuk menjaring data pendidikan tingkat dasar (SD dan SMP).
 
Data Periodik
Data menurut periode tertentu; muncul atau terjadi di selang waktu yg tetap; data berkala (contoh pengisian di tabel peserta didik terdapat data periodik siswa yang berisi data tinggi badan, berat badan, jarak rumah ke sekolah, dan lain-lain).
 
Data Turunan
Data anak; data-data lain yang mengacu atau menggunakan data induknya.
Drag n Drop
Gerakan perangkat penunjuk di mana pengguna memilih objek virtual dengan "meraih" dan menyeretnya ke lokasi yang berbeda (dalam hal ini dari tabel satu ke tabel lain). Contoh drag n drop adalah pada saat pengisian anggota rombel.
Generate Prefill
Sebuah proses yang berguna sebagai back up database dapodik yang diambil dari server dapodik. Hasil generate prefill diambil dari hasil sinkronisasi terakhir dari sekolah yang ditarik ke dalam file database persekolah (bentuk file *.prf).
GTT/PTTGuru Tidak Tetap/ Pegawai Tidak Tetap.
GTY/PTYGuru Tetap Yayasan/ Pegawai Tetap Yayasan.
InpassingProses penyesuaian kepangkatan Guru Bukan Pegawai Negeri Sipil dengan kepangkatan Guru Pegawai Negeri Sipil.
 
KGB
Kenaikan gaji yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah mencapai masa kerja golongan yang ditentukan untuk kenaikan gaji berkala yaitu setiap 2 (dua) tahun sekali dan apabila telah memenuhi persyaratan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengisian KGB dapat ditemukan pada tabel Rincian Data PTK.
 
Kode Registrasi
“kunci” untuk memuat/ mengaktivasi data sekolah. Kode registrasi akan dibagikan oleh KKDATADIK masing-masing daerah. Pastikan Anda menggunakan kode registrasi sekolah Anda sendiri dan tidak membagi/memberitahu kode ini pada pihak yang tidak berkepentingan.Kode Registrasi digunakan pada saat registrasi awal di aplikasi (aktivasi).
KPSKartu Perlindungan Sosial; Kartu yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia dalam rangka Program Percepatan dan Perluasan Sosial (P4S). Dengan memiliki KPS, rumah tangga berhak menerima program-program perlindungan sosial, seperti : Raskin dan Bantuan Siswa Miskin (BSM), sesuai dengan ketentuan yang berlaku hingga tahun 2014. KPS memuat informasi Nama Kepala Rumah Tangga, Nama Pendamping Kepala Rumah Tangga, Nama Anggota Rumah Tangga, Alamat Rumah Tangga, dilengkapi dengan kode batang beserta nomor identitas KPS yang unik. Bagian depan bertuliskan Kartu Perlindungan Sosial dengan logo burung Garuda.
MBSManajemen Berbasis Sekolah; Penyerasian sumber daya yang dilakukan secara mandiri oleh sekolah dengan melibatkan semua kelompok kepentingan (stakeholder) yang terkait dengan sekolah secara langsung dalam proses pengambilan keputusan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan mutu sekolah atau untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
PDPeserta didik; siswa; murid.
PrefillData hasil kiriman ke server dari sekolah-sekolah di semester yang lalu yang kemudian data tersebut di package ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru sekolah hanya tinggal mengentri data peserta didik baru, pemetaan rombel, dan melengkapi data yang belum terisi pada aplikasi sebelumnya.
PTKPendidik dan Tenaga Kependidikan; guru; pengajar.
Push Data SinkronisasiProses memasukkan hasil data balasan dari server pusat melalui sinkronisasi offline ke dalam aplikasi Dapodikdas.
RestoreMengembalikan atau menerapkan kembali data yang tersimpan (di backup) di komputer ke dalam aplikasi Dapodikdas.
RombelRombongan belajar; kelas.
 
SinkronisasiFasilitas yang terdapat pada aplikasi Dapodikdas untuk mengirimkan data dari pengguna (operator sekolah) ke server pusat (Dapodikdas).
TMTTerhitung Mulai Tanggal
TSTTerhitung Selesai Tanggal
 
ValidasiFasilitas di dalam aplikasi Dapodikdas yang bertujuan untuk mencegah data invalid masuk ke server pada saat pengguna melakukan sinkronisasi (online atau offline).

Patch 303 (Rangkuman Manual)

Berkaitan dengan hal tersebut diharapkan operator sekolah segera melakukan update versi aplikasi, lalu melakukan update data terutama data yang terkait dengan penerapan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013. Dalam manual ini akan disajikan informasi dan panduan untuk melakukan update data menggunakan pembaharuan dan perbaikan fitur yang ada di aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3.



DESKRIPSI PERUBAHAN
1. [Perbaikan] Tingkat Pendidikan utk SLB ketika tambah rombel
2. [Perbaikan] Kolom No.KPS/KKS pada peserta didik
3. [Perbaikan] penambahan PTK ketika menyimpan
4. [Pembaruan] Penambahan unduh excel pada PD keluar dan PTK keluar
5. [Pembaruan] Penambahan tombol kembali cek dan unduh export UN
6. [Pembaruan] Penambahan filter utk jenis kurikulum 2013 hanya pada sekolah terpilih

Menggunakan Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3 diawali dengan melakukan installasi versi.3.0.3. Yang berbeda di versi ini adalah menggunakan aplikasi harus diawali dengan sinkronisasi. Sinkronisasi ini bertujuan untuk menurunkan tanda/flag yang mendefinisikan sekolah mana saja yang dapat menggunakan Kurikulum 2013. Setelah melakukan sinkronisasi sekolah diharapkan memperbaiki data rombongan belajar menyesuaikan dengan kebijakan kurikulum yang berlaku bagi sekolah.

Untuk diketahui bersama, penginstalan Patch 303 akan merubah pada Rombel Pembelajaran, hal itu disebabkan karena Patch 303 ternyata dimaksudkan untuk menetapkan Sekolah kita masuk ke dalam Kurikulum 2013. Untuk mengetahui cara Sekolah kita termasuk Kurikulum 2013/atau cek DISINI.

Sekolah Anda Termasuk Pengguna Kurikulum 2013

Saat anda berselancar di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/ pasti akan menemukan sebuah kotak merah pada sisi kiri, tulisannya adalah Pengguna Kurikulum 2013.

Tadinya saya mencoba untuk membuka menggunakan HP Android, namun menu tersebut hilang, dan menurut konfirmasi dari laman tersebut ternyata itu berfungsi untuk mengecek sekolah kita masuk ke dalam Kurikulum 2013 atau tidak.

Cara nya mudah, pastinya dengan mengklik menu tersebut, lalu masukkan nama SD pada menu pencarian pada sisi kanan, selanjutnya nanti ada keterangan dari laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/ bahwa sekolah kita masuk ke Kurikulum 2013/KTSP. Karena yang menyaring Sekolah kita masuk ke Kurikulum 2013/KTSP adalah dari laman http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/.

Ditambah lagi penginstalan Patch 303 itu untuk mengaktifkan kurikulum 2013, pastinya yang akan berubah adalah pada menu Rombel.

Untuk penginstalan saya harap tunggu informasi dari dinas masing-masing, karena bukan tidak mungkin Sekolah anda masih belum termasuk ke dalam Kurikulum 2013.

Silahkan anda coba, jika saat ini tidak tampak kemungkinan sedang trouble. Tunggu saja pasti nanti akan keluar kembali.

Terima kasih

Semoga bermanfaat

Salam Satoe Data!!!

Download Patch 3.0.3 Dapodikdas

Aplikasi


Prefill

Manual

FAQ

Informasi Patch 3.0.3 Dapodikdas 2015

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014, tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan 2013, bahwa bagi sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum 2013 selama 3 semester dapat melanjutkan menggunakan Kurikulum 2013, bagi yang baru menerapkan 1 semester kembali menggunakan Kurikulum 2006. Untuk memfasilitasi peraturan tersebut kami telah menerbitkan Patch 3.0.3 pada aplikasi Dapodikdas dengan perubahan fitur sebagai berikut.

  1. Kurikulum 2013 pada tabel pembelajaran hanya dapat dipilih oleh sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 selama 3 semester.
  2. Bagi sekolah yang baru menerapkan Kurikulum 2013 selama 1 semester secara otomatis pada tabel pembelajaran hanya ada satu pilihan yaitu Kurikulum 2006
  3. Operator sekolah segera melakukan update data Dapodik terutama pada tabel pembelajaran dengan menggunakan patch 3.0.3 yang dapat diunduh di laman web http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
  4. Operator sekolah segera melaporkan perubahan atau update data dapodik kepada kepala sekolah untuk dapat ditindaklanjuti terhadap pembagian tugas mengajar guru berdasarkan penggunaan kurikulum di sekolahnya.
  5. Daftar sekolah pelaksana Kurikulum 2013 yang telah melaksanakan Kurikulum 2013 selama 3 semester dan Surat Edaran Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dapat diakses di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id.
     
    NB:
Berkaitan dengan hal tersebut diharapkan OPERATOR SEKOLAH SEGERA MELAKUKAN UPDATE VERSI APLIKASI, lalu melakukan update data terutama data yang terkait dengan penerapan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013................"
(copas dari MANUAL 303)
 
kalau saya pribadi sih tetap instal, alasan:
~ pada Manual 303 ada tulisan: Operator Sekolah Segera Melakukan Update Versi Aplikasi.
~ patch dibuat untuk dipake
~ ketika kita tidak menginstal patch 303 terus ada masalah di JJM nya (karena ada perubahan kurikulum), ops bisa disalahkan dengan alasan: "elu sih ga instal patch 303"

Lantas, kita sudah instal versi 302 tetapi belum melakukan sycn?
mana dulu yang didahulukan, sync 302 dulu trus instal patch 303?
ataukah instal versi 302 trus instal patch 303 trus baru lakukan sycn?
Menurut pendapat Kang Daka sih:
setelah instal versi 302, langsung saja instal Patch 303 dan langsung lakukan sinkronisasi

Sunday, January 25, 2015

Penerimaan BOS Tri 1,2,3,4 Sesuai Jadwal Pengambilan Data Dapodik

Untuk penetapan alokasi BOS di tiap sekolah, Kemdikbud mendasarkan perhitungan pada data jumlah peserta didik di tiap sekolah yang ada pada Dapodik. Oleh karena itu, sekolah yang tidak mengisi Dapodik (tidak tercantum dalam data base sistem Dapodik) secara otomatis tidak mendapat alokasi dana BOS; Untuk menghindari kejadian tersebut, sekolah yang belum terdaftar dalam Dapodik harus segera berkoordinasi dengan Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota, Tim Dapodik Kabupaten/Kota dan Tim Dapodik Pusat. 
 
Alokasi dana BOS tiap sekolah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam dalam hal ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar atas nama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Alokasi dana BOS tiap sekolah untuk periode Januari-Juni 2015 didasarkan jumlah peserta didik tahun pelajaran 2014-2015, sedangkan periode Juli-Desember 2013 didasarkan pada data tahun pelajaran 2015-2016. 
 
Alokasi dana BOS tiap sekolah untuk penyaluran dana BOS tiap triwulan didasarkan data Dapodik dengan ketentuan sebagai berikut: 
 a. Triwulan 1 (Januari-Maret) didasarkan pada Dapodik tanggal 30 Nopember 2014; 
 b. Triwulan 2 (April-Juni) didasarkan pada Dapodik tanggal 15 Februari 2015; 
 c. Triwulan 3 (Juli-September) didasarkan pada Dapodik tanggal 15 Mei 2015; 
 d. Triwulan 4 (Oktober-Desember) didasarkan pada Dapodik tanggal 21 September 2015; 
 
Ketentuan penetapan alokasi BOS tiap sekolah untuk penyaluran dana BOS tiap triwulan adalah sebagai berikut : Sekolah yang mendapatkan alokasi BOS adalah sekolah yang sudah tercantum dalam data base Dapodik saat pengambilan data sebelum penyaluran dana BOS di awal triwulan. 
 
Besar dana BOS sekolah sesuai dengan data jumlah peserta didik yang ada pada Dapodik saat pengambilan data (tergantung pula pada kebijakan alokasi yang berlaku terkait jumlah peserta didik di sekolah). Tahap Pendataan Untuk Pencairan Dana BOS Keterangan: 
 
D-1 : pengambilan data Dapodik di triwulan 1
D-2 : pengambilan data Dapodik di triwulan 2
D-3 : pengambilan data Dapodik di triwulan 3
D-4 : pengambilan data Dapodik di triwulan 4
ST-1 : pencairan/penyaluran dana ke sekolah triwulan 1
ST-2 : pencairan/penyaluran dana ke sekolah triwulan 2
ST-3 : pencairan/penyaluran dana ke sekolah triwulan 3
ST-4 : pencairan/penyaluran dana ke sekolah triwulan 4
BT-1 : pencairan/penyaluran dana buffer ke sekolah triwulan 1
BT-2 : pencairan/penyaluran dana buffer ke sekolah triwulan 2
BT-3/4 : pencairan/penyaluran dana buffer ke sekolah triwulan 3 dan 4
 
Bagi sekolah yang tidak tercantum dalam data base Dapodik tidak akan mendapatkan alokasi pada saat penyaluran dana BOS di awal triwulan. Tiap minggu ke-2 pada bulan ke-2 triwulan berjalan, Kemdikbud akan melakukan pengambilan data jumlah peserta didik di tiap sekolah dari Dapodik untuk kepentingan. Untuk menghitung kelebihan dana BOS yang diterima sekolah pada saat penyaluran yang dilakukan di awal triwulan. 
 
Kelebihan penyaluran ini akan dikompensasikan pada penyaluran dana BOS di triwulan berikutnya. Menghitung kekurangan dana BOS yang diterima sekolah pada saat penyaluran yang dilakukan di awal triwulan. Kekurangan penyaluran ini akan ditambahkan melalui pencairan dana cadangan/buffer yang ada di Rekening Kas Umum Negara. 
 
Kekurangan yang dapat dibayarkan termasuk sekolah yang pada penyaluran di awal triwulan tidak mendapatkan alokasi karena belum tercantum dalam data base Dapodik. Untuk kasus ini, dana BOS yang bisa dibayarkan adalah alokasi triwulan berjalan. Sedangkan dana BOS yang tidak dibayarkan karena sekolah tidak terdata pada Dapodik di triwulan sebelumnya, tidak dapat dibayarkan pada triwulan berjalan Sebagai dasar penetapan alokasi BOS di tiap sekolah untuk penyaluran dana BOS triwulan berikutnya. 
 
Khusus untuk triwulan 3, pengambilan data pada pertengahan triwulan diundur menjadi minggu ke-3 bulan ke-3. Hal ini terpaksa dilakukan karena harus menunggu selesainya proses update data jumlah peserta didik tahun pelajaran baru pada Dapodik yang dilakukan oleh sekolah. 
 
Oleh karena itu, perhitungan lebih/kurang penyaluran dana BOS triwulan 3 digabungkan pada saat perhitungan lebih kurang penyaluran dana BOS triwulan 4. 
 
Demikian informasi mengenai jadwal kirim data via sinkronisasi aplikasi Dapodikdas 2014 yang akan menjadi dasar/acuan penerimaan dana BOS 2015 bagi sekolah bersangkutan berdasarkan Juknis BOS SD-SMP Tahun 2015.

sumber: infosaya.net

Aplikasi Dapodikdas Versi Android, Meringankan Tugas Operator

Aplikasi DAPODIKDAS versi Android ini khusus untuk memantau, mengecek semua kegiatan yang telah dilakukan OPS. FITUR APA SAJA YANG DITAWARKAN APLIKASI INI?

Aplikasi ini merupakan persembahan POPSI untuk Pendidikan Indonesia. Dibuat untuk meringankan tugas-tugas OPS sebagai ujung tombak pendataan Dapodik. Ketika pertama kali dijalankan, teman-teman akan di dihadapkan tampilan seperti pada gambar.

Di halaman awal aplikasi ini teman-teman dapat membaca sekilas tentang POPSI (Persatuan Operator Sekolah Indonesia), VISI, MISI dan MOTO. Pada bagian, jika teman-teman masuk di JOIN US, maka akan masuk Web Pendaftaran Anggota POPSI dan bisa langsung melakukan registrasi keanggotaan di sana.


Menu selanjutnya adalah MENU UTAMA OPS. Dimulai menu pertama adalah DAPODIKDAS yang di dalamnya berisi menu-menu yang diperlukan oleh OPS dalam kegiatan pendataan yaitu :
  1. Donwload Applikasi dan Manual Aplikasi
  2. Download Prefill
  3. Progress Pengiriman
  4. Group FB Infopendataan Dikdas
  5. Twiter @DapodikOfficial
Salah satu yang paling sering di akses OPS adalah progress pengiriman untuk mengecek data yang telah dikirim dari lokal ke server. Sama seperti mengakses lewat laptop untuk melihat data di progress pengiriman OPS harus memasukkan Kode registrasi. Selain itu terkadang OPS memerlukan untuk mengunduh dokumen atau aplikasi, aplikasi ini dilengkapi dengan link-link unduhan yang sering diperlukan oleh OPS, file hasil unduhan akan di simpan di folder DAPODIK di phonestorage jika smartphone memiliki phonestorage atau di folder DAPODIK di SD Card jika tidak memiliki phonestorage.

Menu selanjutnya adalah menu turunan dari Dapodik. Artinya data ini dapat di akses jika data yang diinput di Aplikasi Dapodik sudah dikirimkan ke server dan. Ada tiga entitas Data Pokok yang dihasilkan :
  1. Data Satuan pendidikan
  2. Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  3. Data Peserta Didik

DATA SATUAN PENDIDIKAN
Data Satuan Pendidikan meliputi :
  1. Referensi
  2. SDM
  3. SDM News

DATA PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Fitur ini memberi kemudahan kepada OPS dan semua PTK untuk mengecek kevalidan data hasil kerja OPS. Fitur ini berfungsi untuk mengakses Info PTK mobile sehingga tak perlu membuka laptop lagi untuk mengaksesnya.

DATA PESERTA DIDIK
Pada menu ini OPS dapat melakukan dan cek data yang berhubungan dengan siswa yaitu :
  1. Verval Peserta Didik
  2. Peserta Ujian Nasional
  3. BOS Online
  4. Jaring BSM
  5. Cek NISN
  6. Biodata UN SD
  7. Biodata UN SMP

Nah, bagi teman-teman yang ingin mencoba aplikasi kecil ini silakan di unduh dari SINI.
Nama Aplikasi : DAPODIKDAS.apk
Ukuran file : 265 KB
System android disarankan : versi Android 2x atau di atasnya
sumber:
http://popsi.or.id/berita-dapodikdas-mobile-aplikasi-kecil-untuk-meringankan-tugas-ops.html

Universitas Terbuka Membuka Magister Pendidikan Dasar



MAKING OPEN TO ALL

MAGISTER PENDIDIKAN DASAR

UNIVERSITAS TERBUKA
Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke 45 di Indonesia. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri., UT memiliki komitmen untuk memnuhi dan mengikuti perkembangan masyarakat akan kebutuhan pendidikan tinggi. Dalam era otonomi daerah, pengembangan potensi daerah perlu ditingkatkan, termasuk sumber daya manusia (SDM) di berbagai tingkat pendidikan.

Program Magister Pendidikan Dasar dirancang untuk memberi kesempatan kepada lulusan S-1 yang berprofesi sebagai guru Sekolah Dasar, guru Sekolah Menengah Pertama, para pengelola pendidikan dan pengawas sekolah negeri maupun swasta yang ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang S2. Program Magister Pendidikan Dasar UT mempunyai kurikulum yang didesain untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan pengetahuan dan penelitian dalam bidang pendidikan dasar. Dengan menerapkan system pendidikan jarak jauh, mahasiswa Program Magister Pendidikan Dasar UT dapat kuliah tanpa harus meninggalkan pekerjaan.

TUJUAN PROGRAM
Program Magister Pendidikan Dasar UT dilaksanakan untuk menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualifikasi akademik magister dalam pendidikan dasar, yang memiliki kompetensi berikut:
1.       Mampu menganalisa berbagai praktek pendidikan dasar menggunakan landasan filsafat dan dinamika pembelajaran sesuai perkembangan ilmu pendidikan dasar.
2.       Mampu merancang, mneggunakan dan mengevaluasi penggunaan berbagai model pembelajaran inovatif pada pendidikan dasar
3.       Mampu menganalisi berbagai factor yang mempengaruhi kebijakan pendidikan dan pengembangan kurikulum serta penerapannya pada pendidikan dasar
4.       Mampu mengalanisa praktek kepemimpinan dan manajemen efektif dalam era desentralisasi dan good governance.
5.       Mampu membandingkan praktek pendidikan dasar berbagai Negara.
6.       Mampu melaksanakan program pendidikan dasar

KURIKULUM
Kurikulum Program Magister Pendidikan Dasar meliputi mata kuliah sebagai berikut:
KODE MK
MATA KULIAH
SKS

SEMESTER 1

MPDR5101
Filsafat Pendidikan Dasar
3
MPDR5102
Integrasi Teori dan Praktek Pembelajaran
3
MPDR5103
Metode Penelitian Pendidikan
5
MPDR5104
Evaluasi Program Pendidikan
5
MPDR5105
Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar
3




SEMESTER 2

MPDR5201
Perencanaan dan Pembiayaan Pendidikan Dasar
3
MPDR5202
Sattistik Pendidian
3
MPDR5203
Desain dan Model Pembelajaran Inovatif
5
MPDR5204
Difusi Inovasi Pendidikan Dasar
3
MPDR5205
Karya Ilmiah (Analisis konsep, tinjauan literature)
5




SEMESTER 3

MPDR5301
Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Dasar
3
MPDR5302
Studi Komparatif Pendidikan Dasar di berbagai Negara
3
MPDR5303
Workshop Pembelajaran
5
MPDR5300
Seminar dan Workshop Proposal Penelitian
5




SEMESTER 4

MPDR5400
Tugas Akhir Program Magister (TAPM)
15
MPDR5401
Seminar Hasil/Artikel TAPM
3

Jumlah
72

SISTEM PEMBELAJARAN
Sistem pembelajaran Program Magister Pendidikan Dasar UT dirancang sebagai proses dialogis, interaktif, dan eksploratif yang terintegrasi dalam bentuk sebagai berikut.
1.       Belajar Mandiri
Belajar atas inisiatif sendiri dengan menggunakan bahan ajar yang disediakan berdasarkan kapasitas, waktu belajar, dan tempat mahasiswa.
2.       Tutorial terdiri atas:
·         Tutorial Online (Tuton)
Bantuan belajar melalui jaringan internet yang dapat diakses dengan mudah dan fleksibel.
·         Tutorial Tatap Muka (TTM)
Bantuan belajar yang diberikan secara tatap muka berlangsung empat pertemuan per semester. TTM ini terintegrasi dengan tuton. Baik tuton maupun TTM memiliki kontribusi terhadap nilai akhir.
3.       Layanan Administrasi Akademik
Konultasi dan informasi akademik dilayani melalui berbagai media (surat, fax, telepon, e-mail, video conference, web meeting).
4.       Bahan Ajar
Bahn ajar utama berupa bahan ajar cetak (modul) yang dilengkapi dengan bahan ajar non cetak (multimedia).
5.       Evaluasi Hasil Belajar
Nilai akhir mata kuliah diperoleh dari nilai tutorial dan ujian akhir semester (UAS), dan tugas lapangan. UAS dilaksanakan secara tatap muka di kota UPBJJ-UT.

SISTEM PENILAIAN
Nilai akhir pada setiap semester diperoleh dari tiga komponen berikut ini:
1.       Proses pembelajaran, yang terdiri atas aktivitas diskusi tuton, dan kegiatan mengikuti TTM yang terdiri atas kehadiran, diskusi kelas, dan kualitas penyelesaian tugas, Kegiatan ini mempunyai kontribusi nilai sebesar 60% terhadap penentuan nilai akhir. Untuk matakuliah dengan bobot 5 sks, penilaian juga didasarkan pada hasil laporan tugas lapangan.
2.       Ujian Akhir Semester (UAS). Bobot nilai UAS 40% terhadap nilai akhir.
3.       Pada akhir program, mahasiswa wajib membuat Tugas Akhir Program Magister (TPAM) atau tesis dan mengikuti ujian sidah TPAM sebagai persyaratan kelulusan Program Magister Pendidikan Dasar.
4.       Mahasiswa wajib menyajikan artikel ilmiah dalam seminar sebagai syarat kelulusan.

BIAYA PENDIDIKAN
No
Jenis Tarif
Satuan
Komponen Layanan
1
Tes Masuk
Rp. 500.000/peserta

2
Uang Kuliah PPs Program Magister Pendas type A
Rp. 7.450.000/semester
OSMB, layanan administrasi akademik, layanan bahan ajar, Tuton, BTR, publikasi karya ilmiah, UAS, wisuda/UPI/PI

Uang kuliah PPs Program Magister Pendas type B
Rp. 9.350.000/semester
OSMB, layanan administrasi akademik, layanan bahan ajar, Tuton, BTR, publikasi karya ilmiah, UAS, wisuda/UPI/PI
3
Ujian Sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM) Tipe A
Rp. 6.000.000/mahasiswa


Ujian Sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM) Tipe B
Rp. 7.900.000/mahasiswa

4
Registrasi Mata Kuliah Ulang
Rp. 1.000.000/mata kuliah

5
Layanan Administrasi Lewat Masa Studi
Rp. 1.000.000/semester


PENULIS BAHAN AJAR DAN TUTOR
Penulis bahan ajar dan tutor adalah para pakar dalam idang pendidikan dasar yang berasal dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang diseleksi oleh Program Pascasarjana (PPs) UT.

PERSYARATAN
1.       Memiliki ijazah sarjana (S-1) Kependidikan dari berbagai bidang ilmu, sarjana (S1) non kependidikan yang telah mempunyai akta mengajar, dan telah menjadi guru atau pengelola atau pengawas sekolah (ditunjukkan dengan SK dari Dinas P&K).
2.       Memiliki nilai TOEFL minimal atau lulus tes bahasa inggris yang diselenggaran oleh UT.
3.       Lulus tes substansi bidang pendidikan dasar
4.       Melampirkan surat izin dan rekomendasi dari pejabat yang berwenang
5.       Mamu dan biasa menggunakan internet

ADMISI
Untuk dapat menjadi peserta Program ini calon mahasiswa harus:
1.       Mengisi dan melengkapi persyaratan data admisi yang dilakukan secara online pada laman Registrasi Online di http://sro.ut.ac.id/pps/regonline. Setelah mendapatkan konfirmasi kemudian calon mahasiswa dapat mencetak LIP dan melakukan pembayaran admisi di BRI, Mandiri, BNI, BTN. Biaya admisi sebesar Rp. 500.000.
2.       Mengikuti Tes Masuk Program Magister Pendidikan Dasar di UPBJJ Penyelenggara Magister Pendidikan Dasar.
3.       Peserta yang dinyatakan lulus tes masuk, wajib membayar SPP sesuai ketentuan yang berlaku pada bank BRI, Mandiri, BNI, BTN.

JADWAL UMUM
Kegiatan Akademik
Semester Genap
Semester Ganjil
Pendaftaran
April – Mei
Okt – Nov
Tes Masuk
Mei – Juni
Nov – Des
Perkuliahan
Agustus – Nov
Februari - Mei

Untuk Informasi lebih lengkap hubungi Program Pascasarjana di UT Pusat atau UPBJJ terdekat.
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

Blog Archive

Copyright 2013 SD Negeri Tambaharjo: January 2015 Template by Desa. Powered by Blogger