Wednesday, December 2, 2015

Khusus Honorer - Informasi Mapel UKG dan TUK bagi peserta UKG 2015 Tahap 2

Posted by Blogger Name. Category: , ,

Khusus Honorer - Informasi Mapel UKG dan TUK bagi peserta UKG 2015 Tahap 2 - Kembali lagi dengan cerita di pagi ini yang membuat saya harus bangun pagi adalah karena saya memiliki pekerjaan selain di Sekolah. Pekerjaan saya ini cuman duduk dan pegang-pegang saja (jangan ngawur yah) maksudnya pegang-pegang keyboard Laptop bersama dengan mouse. Informasi pagi ini saya akan memberikan gambaran mengenai UKG.

Sebelumnya UKG sudah dilaksanakan pada Tahap 1 kira-kira 1 bulan lalu atau bulan Nopember 2015. Namun untuk selanjutnya adalah pada Tahap 2 dan kebanyakan pada tahap 2 ini adalah Guru Honorer.

Saya sendiri juga masuk dalam Kategori Peserta UKG untuk materi Kelas Atas, masalahnya bukan Kelas Atas atau Kelas Rendah, tapi soalnya akan seperti apa dan bagaimana itu masalahnya, menurut cerita dan kabar para master of piece dari Kepala Sekolah di tempat saya kebanyakan materi yang keluar adalah mengenai K13 (Kurikulum 2013).

Bisa dibayangkan soalnya seperti apa kan, dan tentunya saya sendiri nantinya saat mengerjakan mungkin hanya domblong alias mlongo-mlongo sambil pegang jidat. Soal Kurtilas sendiri terdiri dari berbagai macam warna dan cahaya, kenapa saya sedikit nglantur Kurtilas memiliki berbagai macam warna dan cahaya karena Kurtilas adalah kurikulum yang ditetapkan oleh Pemerintah untuk menggantikan KTSP yang telah berlaku selama 6 tahun. Intinya mengganti Kurikulum lama yaitu KTSP menjadi Kurikulum 2013. Masa percobaan tentu dimulai sejak tahun 2013, dengan melakukannya pada beberapa sekolah rintisan. Di SDN Tambaharjo sebenarnya pernah dilakukan Pembelajaran Kurikulum 2013 yang pada akhirnya juga gagal karena harus membuat raport secara komputer sedangkan PTK ditempat sekarang ada yang belum menguasai Komputer. Bukan saya menghilangkan tapi memang keadaan yang sebenarnya adalah seperti itu.

Kurtilas memiliki tiga aspek penting, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku. Materi pembelejaran yang ada dirampingkan menjadi dan juga ada yang ditambahkan terutama yang dirampingkan terlihat pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, PPKn, dsb. Untuk materi yang ditambahkan adalah Mata Pelajaran Matematika. (sumber : wikipedia)

Baiklah ini saya beri Tutorial mengenai cara cek lokasi Ujian bagi peserta UKG khususnya seperti saya yang hanya Honorer:
1. Masuk ke Google.co.id ketik sergur
2. Atau langsung klik link ini http://sergur.kemdiknas.go.id/?pg=ukg15
3. Jika sudah maka akan muncul 3 kotak NUPTK, Nama, dan Kabupaten
Penjelasan : Jika Peserta memiliki NUPTK masukkan saja Nomornya, jika hanya memiliki PEG-ID ketikkan Nama dan Kabupaten.

Nih saya kasih contoh jika menggunakan NUPTK

dan ini yang menggunakan PEG-ID (Nama dan Kabupaten)

4. Jangan lupa SIMPAN dengan cara, tekan pada Keyboard CTRL+P pada Google Chrome/Firefox menjadi PDF.

5. Lihat informasi Mapel UKG kalau 026 (Kelas Bawah) dan 027 (Kelas Atas), dibedakan menjadi 2 karena ditentukan sesuai dengan data di Dapodik.

6. Sudah selesai, tunggu konfirmasi dari UPTD/Dinas Pendidikan Kabupaten Masing-masing.

Yang mau kisi-kisi dan contoh soal bisa cek di blog ini

Itu saja yang dapat saya informasikan, jika artikel mengenai "Khusus Honorer - Informasi Mapel UKG dan TUK bagi peserta UKG 2015 Tahap 2" bermanfaat silahkan dishare kepada teman-teman yang lain. Terima kasih atas kunjungannya.....

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►