Friday, September 18, 2015

Solusi Edit Data Utama Cepat dan Mudah di PUPNS 2015

Posted by Blogger Name. Category: ,

Pagi ini saya sedang mengerjakan PUPNS, sinyal lumayan lah alon-alon asal kelakon. Kurang enak badan rasanya karena harus lembur mengerjakan PUPNS 2015 ini.

Lalu saya membaca komen teman-teman di Facebook Dapodik dan Rumah Operator Sekolah Nusantara, banyak menanyakan mengenai:
1. Apa yang dilakukan setelah Registrasi?
Jawaban :
Setelah anda melakukan Registrasi anda harus menunggu 1 hari agar diverifikasi oleh BKN/BKD jika melebihi 1 hari maka anda perlu memberikan konfirmasi ke pihak UPTD Dinas Kecamatan masing-masing.

2. Cara memperbaiki tanggal lahir, gelar depan/belakang di PUPNS 2015?
Jawaban : 

Terkadang saat anda melakukan login di PUPNS pada jam kerja atau jam 07.00 - 12.00 siang dipastikan lemod/eror dan sangat susah sekali jika sudah terjadi hal semacam itu. Oleh karena itu pastikan anda mengerjakan PUPNS di waktu saat ini/malam hari sehingga saat anda melakukan penyimpanan data yang sudah diketik tidak hilang. Solusi lain saat ini tidak ada, hanya saya menyarankan seperti itu saja mengingat waktu Verifikasi level 1 pada akhir bulan ini.
Ini saya berikan gambar ilustrasi mengenai edit data dengan mengklik silang merah maka muncul kolom baru

3. Cara Mengisi Data Keluarga?
Jawaban : 

Pada data keluarga banyak menunya terutama adalah Orang Tua, Suami/Istri, Anak. Jika anda akan mengisi data Keluarga anda mengklik salah satu misalkan Anda akan mengisi data Orang Tua, klik
Juga termasuk untuk Suami/Istri, Anak anda klik dahulu jangan pada keluarga saja. Kalo bisa isi dulu data sesuai urutan menu jadi saat akan mengisi data selanjutnya tidak terjadi eror

4. Diklat Fungsional yang dimasukkan apa saja?
Jawaban : 

Waktu saya ngeprint formulir dari waktu pendaftaran Registrasi pertama PUPNS muncul Cetak Formulir lalu saya cetak (jika anda mengerjakan setelah 1 September 2015 maka Formulir ini sudah ada, namun jika sebelum 1 September 2015 Formulir belum tercetak dan saya rekomendasikan Registrasi ulang jika Registrasi sebelum 1 September 2015).
Pada menu Diklat Fungsional saya mencoba mengisi namun sudah dibantu oleh Formulir yang ada di Formulir Cetak PUPNS, ini saya berikan gambarnya

5. Kalau PUPNS login boleh berkali-kali tidak?
Jawaban : 
Login di PUPNS boleh berkali-kali asalkan jangan melakukan kirim jika data belum lengkap, jika sampai anda melakukan kirim dan data belum lengkap urusan semakin susah karena anda harus datang ke BKD setempat untuk melakukan perbaikan data langsung ke Admin BKD/BKN.

6. Saya melakukan edit data dan ternyata setelah saya simpan data belum masuk sempurna/kosong, solusinya?
Jawaban : 
Anda saat melakukan pengisian data ada baiknya pada waktu malam hari/tengah hari pukul 00.00 dijamin lancar kendala sedikit dan saat anda mengisi data tidak terjadi yang namanya eror dan tidak tersimpan, himbauan dari BKD di tempat saya adalah mengisi pada waktu senggang dan tidak termasuk jam kerja. Oleh karena itu saya sendiri juga sangat kaget saat pertama melakukan pengisian data. Intinya adalah anda harus SABAR saat mengerjakan PUPNS 2015.
7. Sampai berapa lama sebenarnya proses perbaikan nama di helped soalnya.. sudah 10 hari diperbaiki nama sudah ada no.tiket...tapi sampai sekarang ..statusnya slalu dalam proses..???
Jawaban : 
Dalam hal ini perbaikan data memakan waktu yang sangat lama, karena data hampir seluruh PNS di Indonesia melakukan perbaikan data ke pihak situs PUPNS 2015. Saran saya lebih baik ke BKD tempat anda bekerja, karena akan lebih cepat atau melalui UPTD Dinas Kecamatan supaya bisa menembus pihak BKD setempat.

8. Benarkah harus upload scan dokumen? pada bagian mana ya? dan berkasnya apa saja?
Jawaban : 
Upload scan dokumen dilakukan jika data tidak sesuai misal beda nama/nip/beda instansi. info lengkap

Saat ini PUPNS sudah eror dan saya melanjutkan pekerjaan lain dengan membagikan pengalaman di blog ini. Sekali lagi saya tidak menggurui teman-teman OPS disini, hanya berbagi pengalaman. Jika ada tulisan yang menyinggung mohon dimaafkan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Salam 10 Data!!!

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

Blog Archive