Thursday, August 27, 2015

Solusi Edit Data Siswa di VervalPD, Begini Caranya!!!

Posted by Blogger Name. Category: ,



Terkadang saat kita melakukan input data nama siswa dan kelengkapannya sering banyak terjadi kekeliruan termasuk hal yang paling fatal adalah saat kita memasukkan Nama/Tanggal Lahir ataupun nama Ibu kandung.

Maka dari itu pengubahan/edit dapat dilakukan lewat menu edit data pada verval PD pada laman: http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/.

Agar lebih cepat sekarang kita akan melakukan langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Silahkan kunjungi website : http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/ dan login menggunakan akun yang telah diregistrasi pada laman:  http://sdm.data.kemdikbud.go.id/.
  • Masuk ke tab “Edit Data”, kemudian ke menu “Pengajuan” pilih  “Nama dan tanggal lahir”.
  • Klik pada tombol “pilih Siswa” maka ditampilkan list daftar Siswa, silahkan pilih pada data siswa yang akan diedit kemudian klik tombol OK.
  • Maka ditampilkan Form Pengajuan Perubahan Nama dan Tanggal Lahir, dimana ditampilkan data-data siswa hasil sinkronisasi dari  Aplikasi Dapodik dengan keterangan “LAMA” (misalnya Nama lama).
  • Untuk melakukan edit data, maka masukkan data baru/data perubahan pada kolom dengan keterangan tambahan “BARU”
    (misalnya Nama Baru).
  • Jika masalah NISN maka Edit Data, kemudian menu pengajuan pilih NISN pilih siswa yang akan diedit lalu klik NISN baru (karena ada tanda bintang) dan masukkan dokumen pendukung seperti Akta Kelahiran.
  • Kemudian lampirkan dokumen pendukung terhadap perubahan data ini pada kolom “Dokumen Perubahan”. Pilih file dokumen yang telah disiapkan selanjutnya klik pada tombol “Pengajuan Perubahan”
  • Setelah beberapa waktu lakukan cek status pengajuan edit data untuk mengetahui apakah sudah disetujui oleh Admin di PDSP,
    lewat menu “ Edit Data” dan masuk ke “Status”.
  • Apabila statusnya telah disetujui, maka selanjutnya cek data pada Manajemen Dapodikmen dengan mengakses laman:
    http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/ kemudian masuk ke menu “Login Operator”.
  • Silahkan lakukan pengecekan pada data Peserta Didik, apakah perubahan data yang dilakukan pada vervalPD telah terupdate.
  • Jika data Peserta Didik pada laman : http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/ sudah update, maka lakukan sinkronisasi agar
    perubahan sebagai hasil pengeditan di vervalPD tersebut turun ke Aplikasi Dapodik.
Semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda semua khususnya rekan operator sekolah yang saat ini sedang mengerjakan aplikasi dapodik baik untuk tingkat SD, SMP, SMA/SMK. Silahkan membaca tutorial yang lain jika rekan OPS memiliki kendala terkait saat melakukan update data. Salam 10 Data!!!

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact