Saturday, June 13, 2015

Cara Mengganti Email di Registrasi Dapodikdas Alasan "Pengguna Tidak Aktif"


Akhirnya menemukan solusinya juga mengenai masalah yang timbul kemarin sore saat melakukan syncronisasi gagal dan muncul tulisan "Pengguna Tidak Aktif". Setelah saya mencari di Google.com ternyata baru menemukan cara yang lain yaitu Solusi Muncul Tulisan "Pengguna Tidak Aktif" Saat Syncronisasi Dapodikdas (Update).

Setelah saya syaring dengan beberapa Tetua OPS di Group Facebook akhirnya ada 2 orang yang hebat menunjukkan begitu mudahnya menanggulangi masalah akibat syncronisasi gagal yang muncul tulisan "Pengguna Tidak Aktif".

Mereka adalah Rames Holta dan Kang Daka.

Rames Holta dalam komentarnya mengatakan bahwa "email pengguna sudah tidak aktif, coba gantikan email yang baru Insya Allah bisa".

Tentu yang anda lakukan cukup mudah yaitu dengan hanya melakukan registrasi ulang dan jangan lupa untuk mengganti Alamat Email menurut pesan dari Pak Rames Holta (bisa anda cari di Group Facebook Rumah Operator Sekolah Nusantara)

Kang Daka juga mengomentari banyak "pengguna tidak aktif itu karena Koreg sudah direset pihak dinas". 

Lalu saya mengambil kesimpulan cara yang termudah adalah dengan mengganti Alamat email karena Koreg yang saya cek di progress dan Prefill masih bisa digunakan.
Ikuti langkah berikut Cara Mengganti Email di Registrasi Dapodikdas (sebelumnya konfirmasi dulu ke pihak dinas jika anda ingin mengganti email yang baru):
1. Masuk ke Dapodikdas, klik Registrasi

2. Masukkan data Operator termasuk email yang baru (username)

3. Jika berhasil muncul seperti ini (Koreg masih valid)

4. Akan kembali ke halaman muka Login Dapodikdas, masukkan username email baru dan password yang baru saja di registrasikan, Login

5. Sebelum syncronisasi, jangan lupa untuk keaktifan PTK di cetang sampai bulan Juni untuk pencairan Sertifikasi tahap berikutnya

6. Ke beranda awal Laman Dapodikdas lalu Validasi terlebih dahulu, selanjutnya klik Syncronisasi

7. Data yang mengalami perubahan ada "Pengguna" dan "PTK Terdaftar" (yang saya update email dan keaktifan sampai bulan Juni 2015) Klik Syncronisasi

8. Akhirnya berhasil tanpa muncul tulisan "Pengguna Tidak Aktif", dan hanya berlangsung selama 57 detik dan ada keterangan dibawahnya seperti ini

"Sinkronisasi selesai
Silahkan cek hasil sinkronisasi disini
Penginputan data siswa tahun ajaran baru dan siswa lulus menunggu versi
3.04
"

9. Perubahan sudah dikirim ke Server dan Lokal

10. Di manajemen pengguna juga terlihat berbeda, email lama terlihat tanda seru dan email baru tidak terlihat tanda (normal) dan sekarang email baru anda jangan lupa di save alamat dan password.

Selamat mencoba jika mengalami hal yang sama seperti ini, jangan lupa di like dan sebarkan ke teman-teman OPS yang membutuhkan cara/solusi di artikel ini.

Terima kasih atas kunjungannya, dan jangan bermasalah dengan Pengembangnya!!!


Salam 10 Data!!!

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact