Thursday, February 26, 2015

Boncengan Lebih dari 3 Ketemu Polisi Langsung Anda Kena Tilang

Posted by Blogger Name. Category:

Warga yang suka berboncengan menggunakan sepeda motor bertiga atau lebih dan tanpa memakai helm harus meninggalkan kebiasaan tersebut karena Polres Garut tidak segan menilangnya dalam sejumlah operasi di jalan raya.

Sejak awal Januari sampai Februari 2015, Satuan Lalu Lintas Polres Garut sudah melakukan penindakan berupa penilangan kepada 3.494 pengguna kendaraan berbagai jenis. Pelanggarannya didominasi oleh kendaraan roda dua dengan jumlah 2.645 pelanggaran.
Kasat Lantas Polres Garut AKP Firman Syafrul melalui KBO Lantas Iptu Sofyan mengatakan pada Januari sampai Februari, Polres Garut melakukan operasi rutin dalam menangani pengendara pelanggar marka jalan, pengendara yang melaju melawan arus, dan angkutan umum di terminal bayangan.

"Selain itu, kami melakukan penilangan terhadap pelanggaran lalu lintas yang kasat mata seperti pengendara yang tidak memakai helm dan kendaraannya melebihi muatan, seperti semotor bertiga orang dewasa," kata Sofyan, Kamis (26/2).

Di Garut terdapat beberapa titik yang sering digunakan sebagai terminal bayangan atau tempat ngetem oleh angkutan umum, seperti di perempatan maktal, Jalan Dewi Sartika, Bundaran Tarogong, dan pertigaan serta perempatan lainnya. Jika anggota menemukan angkutan umum berhenti di tempat tersebut, akan langsung ditindak.

Maret hingga April, kata Sofyan, jajarannya diperintahkan untuk menindak pengendara yang memacu kendaraan melebihi kewajaran. Selain itu, hal lain yang diperhatikan adalah kendaraan yang yang sembarangan menaikkan dan menurunkan penumpang.

Sementara itu, pada Mei hingga Juni, dilaksanakan operasi untuk menyikapi muatan yang melebihi kapasitas dan mobil berpenumpang melebihi jumlah kursi. Katanya, bus tidak boleh membawa penumpang melebihi kapasitas kursi yang sudah tercantum dalam KIR kendaraan.

"Selama ini yang cukup sering ditilang karena melanggar peraturan lalu lintas adalah anak usia sekolah yang naik motor berboncengan bertiga dan tidak pakai helm," katanya. (jabar.tribunnews.com)

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact