Sunday, January 11, 2015

Trik Cepat Mengerjakan Dapodikdas v302 2015 (5 menit saja)


Kabar gembira untuk OPS yang berbahagia, karena baru-baru ini saya mendapat ilmu dari seseorang sesama OPS yang sharing di Facebook Operator Dapodik.

Beliau membagikan/share ilmu mengenai cara cepat ingin segera syncron namun dengan data yang benar tanpa asal-asalan. Ternyata cara ini sudah lama dilakukan oleh sebagian Master OPS, dan bahkan cara ini sangat mudah dipahami dan dipraktekkan.

Malam ini saya mencoba mempraktekkan cara tersebut, dan ternyata work (berhasil).
Dan saya akan membuktikan dengan beberapa gambar visual yang baru saya kerjakan hanya 5 menit saja.



Tentunya sediakan laptop dan sudah login di menu Dapodikdas v302 terbaru 2015.
Setelah masuk ke beranda, anda cari pada pojok kanan atas yaitu kotak Validasi, Klik dan ada berapa invalid yang masih mengganggu pikiran anda selama ini (punya saya ada 113 invalid).

Selanjutnya yang saya lakukan adalah melakukan trik para Master OPS di Forum Operator Dapodik.

1. Masuk ke Tabel Peserta Didik
Awal masuk pasti ada tulisan "Pastikan peserta didik yang memiliki No. KPS sudah di inputkan untuk kebutuhan Program Indonesia Pintar", biarkan saja
Lihat kanan atas ada Action Menu klik saja, selanjutnya klik "Lanjutkan Data Periodik PD" (lihat gambar dibawah ini)






2. Masuk ke Tabel Sarpras
Untuk sarpras lebih cepat lagi, mungkin hanya membutuhkan waktu 1 menit saja, cara sama yaitu mencari tulisan Action Menu pada pojok kanan atas, dan Klik "Lanjutkan Data Periodik".
(lihat gambar dibawah ini)






Bagaimana, berhasil bukan!!!

Untuk lebih jelasnya, lihat lagi di Menu Validasi, pasti anda akan tercengang...
Saya juga demikian, karena dari invalid 113 sekarang tinggal 8 (Rombongan Pembelajaran Semester Genap berbeda SK dan Pembagian Jam).






Pada Menu Rombongan Belajar, saya coba Action Menu tidak berhasil (Gagal). Selain karena nomor SK dan jam berubah juga karena di SD tempat saya bekerja mengalami pergantian Kepala Sekolah.
Jadi nilai tambah pekerjaan saya saat ini adalah Mutasi Kepala Sekolah lama digantikan dengan Kepala Sekolah yang baru.

Bagaimana, mudah bukan mengerjakan Dapodikdas, terutama bagi pemula seperti saya!!!

Semoga ilmu ini berguna bagi teman-teman semuanya, terima kasih
Salam Satoe Data!!!

2 comments:

Azwar Ukhtari said...

waahh, mudah, makasih banyak infonya...

Unknown said...

waah..wah....ajib lur....ijin make ilmunya..hehehe

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

Blog Archive