Friday, December 19, 2014

Menanggulangi File CSV Hasil Export Berantakan

Posted by Blogger Name. Category: ,

Untuk menjawab pertanyaan teman-teman pengguna Dapodik Helper yang mengalami masalah saat membuka file CSV hasil export akan kita bahas disini agar apabila yang lain ada yang belum mengerti diharapkan bisa mendapatkan informasi juga.

Perlu diingatkan kembali mengenai format data CSV adalah file 'text' biasa yang menggunakan karakter tertentu sebagai pemisah antara kolom satu dengan yang lainnya dan antara baris satu dengan yang lainnya. Untuk pemisah antar kolom biasanya menggunakan karakter ',' (koma), ';' (titik koma), Tab. Sedangkan untuk pemisah antar baris biasanya menggunakan karakter ';' (titik koma) atau langsung dipasang antar baris text.

Untuk format yang digunakan Dapodik Helper dalam melakukan export data kedalam format CSV adalah menggunakan ',' (koma) sebagai pemisah antar kolom dan pergantian baris untuk pemisah antar baris/row.

Jika pengaturan 'pemisah' tersebut tidak sesuai maka file hasil export akan kelihatan berantakan seperti tampilan berikut saat dibuka menggunakan aplikasi Microsoft Excel

Format CSV
Apabila hal ini terjadi bukan berarti ada masalah dengan aplikasi Office atau Dapodik Helper yang terpasang pada komputer itu, namun hanya pada pengaturan saja yang belum sesuai. Silahkan tutup file CSV yang sedang dibuka kemudian masuk ke 'Control Panel' dan ikuti langkah berikut.

Untuk pengguna Windows XP pilih opsi 'Regional and Language Options'
Icon Regional and Language XP
Akan tampil seperti berikut, kemudian piliha tombol 'Customize'
Regional and Language XP
Jendela customize akan tampil seperti berikut
Custom Options XP
Pada tampilan 'Customize Regional Options' bagian 'List separator:' pastikan menggunakan ',' (kotak warna merah). Jika menggunakan karakter lain silahkan sesuaikan.

Untuk pengguna Windows 7 pilih opsi 'Region Language'
Icon Region Language Windows 7
Akan tampil jendela seperti berikut, kemudian pilih tombol 'Additional settings' (kanan bawah)
Region and Language Windows 7
Jendela 'Additional setting' mirip dengan 'customize' pada Windows XP yang harus disesuaikan yaitu pada bagian List separator.
Costumize Format Windows 7
Untuk pengguna Windows 8 silahkan disesuaikan.

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact