Friday, December 19, 2014

Cara Mengembalikan Data Terhapus

Posted by Blogger Name. Category: ,

Ada banyak kesalahan yang dilakukan operator mengenai prosedur menghilangkan data terutama terkait data peserta didik yang sering sekali terjadi. Pada aplikasi dapodik terdapat fasilitas hapus tujuannya adalah untuk menghapus data yang benar-benar tidak dibutuhkan atau ada kesalahan dalam pengisian. Sedangkan untuk menghilangkan data untuk peserta didik itu sendiri prosedurnya adalah dengan mengeluarkan siswa tersebut misalnya dengan prosedur mutasi atau lulus, begitu juga dengan PTK yang bisa dilakukan mutasi.

Untuk faktor ketidaksengajaan menghapus data dari aplikasi ini sebetulnya data tidak hilang secara permanen, melainkan tersimpan ditempat khusus data terhapus. Sebagai 'pelengkap' dapodik helper menyediakan fasilitas penolong tersebut agar data yang terhapus tersebut dapat dikembalikan lagi.

Untuk dapat menggunakan fasilitas ini dari menu utama 'File' pilih 'Data terhapus' seperti tampilan berikut

Menu data terhapus
selanjutnya akan tampil jendela utama data terhapus
Data terhapus
data yang bisa dikembalikan adalah semua data yang dihapus melalui aplikasi dapodik. Jika operator melakukan penghapusan data dengan cara-cara selain dari aplikasi dapodik maka data tersebut belum tentu bisa dikembalikan karena untuk melakukan hapus data ada prosedur tersendiri menyangkut relasional data yang terkait.

Pada contoh berikut adalah tampilan data siswa yang terhapus yaitu pada tab 'Peserta didik'. Untuk mengembalikan siswa tersebut yaitu pilih nama siswa tersebut, kemudian klik kanan untuk memunculkan pilihan, selanjutnya pilih 'Kembalikan peserta didik'.
Proses mengembalikan data terhapus
Cara sejenis juga bisa digunakan untuk mengembalikan data lainnya, misalnya pada tab 'Rombongan belajar' seperti berikut
Rombongan belajar terhapus

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Wong Ndelok

BBM Contact